Cara Mengatasi gejala Awal Sakit Tenggorokan, Tanpa Obat-obatan!

Selasa 22-10-2024,13:07 WIB
Reporter : Lia
Editor : Almi

Jika tidak mau repot membentuk larutan garam sendiri, engkau mampu menggunakan obat kumur antiseptik yg dijual bebas buat meredakan sakit tenggorokan.

Salah satunya merupakan cairan antiseptik dengan povidone iodine 1%. 

Cukup menggunakan menggunakannya buat berkumur serta gargling selama 30 dtk, cairan antiseptik yg mengandung povidone iodine bisa membunuh kuman penyebab sakit tenggorokan.

BACA JUGA:Kol Sering Digunakan Sebagai Lalapan, Ternyata ini Manfaat Sayur Kol Bagi Kesehatan Tubuh!

Tidak hanya meredakan sakit tenggorokan, povidone iodine 1% juga bisa digunakan buat mengatasi sariawan atau iritasi ringan pada mulut. 

Selain dalam bentuk obat kumur, kamu pula bisa menggunakan povidone iodine pada bentuk obat semprot tenggorokan (throat spray) buat mengatasi rasa kemarau dan gatal di tenggorokan. 

Banyak sekali cara simpel mengatasi tanda-tanda awal sakit tenggorokan di atas bisa kamu lakukan sejak pertama kali keluhan timbul.

Buat membantu meredakan nyeri serta mengatasi demam yang mungkin muncul ketika sakit tenggorokan, engkau mampu mengonsumsi obat pereda nyeri dan  demam, seperti paracetamol atau ibuprofen. 

BACA JUGA:Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satu Mengurangi Kadar Lemak Jahat!a

Selain mengatasi tanda-tanda awal sakit tenggorokan dengan cara yg tepat, engkau  pula perlu melakukan cara-cara berikut ini agar sakit tenggorokan cepat sembuh dan  tidak muncul lagi:

Cuci tangan minimal 20 detik, terutama selesainya memakai toilet atau sebelum serta selesainya makan.

  • Jangan menyentuh wajah, mata, hidung, atau verbal sebelum cuci tangan.
  • Tutup hidung dan verbal ketika bersin atau batuk.
  • Jangan merokok serta hindari paparan asap rokok.
  • Jangan berbagi penggunaan alat makan dengan orang lain.

Mirip yang telah disebutkan sebelumnya, kekurangan cairan yang seringkali terjadi waktu berpuasa bisa membentuk tenggorokan kemarau dan akhirnya mengakibatkan sakit tenggorokan.

Kategori :