Ciri-ciri Kadar Kolesterol Normal: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

Senin 21-10-2024,14:22 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM – Kolesterol merupakan jenis lemak yang berperan penting dalam tubuh manusia. Meskipun sering dianggap sebagai faktor risiko untuk berbagai penyakit, kolesterol sebenarnya diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi vital.

Ada dua jenis kolesterol yang perlu diperhatikan: kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) dan kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein). 

Kolesterol diproduksi oleh hati dan juga bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi. 

Meskipun tubuh memerlukan kolesterol untuk memproduksi hormon, vitamin D, dan komponen penting untuk sel-sel, kadar kolesterol yang tinggi, terutama LDL, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA:Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan : Dapat Menaikkan Kekebalan Tubuh!

BACA JUGA:Susu Steril Bear: Solusi Sehat untuk Kesehatan Tulang yang Kuat

Kolesterol LDL sering disebut sebagai "kolesterol jahat" karena dapat menumpuk di dinding arteri, yang dapat menyebabkan aterosklerosis dan berujung pada penyakit jantung serta stroke.

Di sisi lain, kolesterol HDL dikenal sebagai "kolesterol baik" karena membantu mengangkut kolesterol dari arteri kembali ke hati, di mana kolesterol tersebut dapat dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. Oleh karena itu, kadar HDL yang tinggi dapat memberikan perlindungan dari risiko penyakit jantung.

 Kadar Kolesterol Normal

Pengukuran kadar kolesterol dalam darah dilakukan dalam satuan miligram per desiliter (mg/dL) dan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori:

BACA JUGA:Khasiat Luar Biasa Sayur Pakis untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Perlu Diketahui Berbagai Manfaat Jojoba Oil Bagi Kesehatan Tubuh Serta Kecantikan!

- Kolesterol Total:

  - Normal: Di bawah 200 mg/dL

  - Borderline tinggi: 200-239 mg/dL

Kategori :