Busi yang sudah lama digunakan akan mengalami penumpukan karbon atau kerusakan pada elektroda, yang berakibat pada penurunan kinerjanya.
Umumnya, busi perlu diganti setiap 8.000 hingga 10.000 kilometer, meski hal ini bisa berbeda tergantung jenis motor dan merek busi yang digunakan.
Beberapa merek busi yang direkomendasikan, seperti NGK dan Denso, dikenal memiliki daya tahan yang baik.
Dengan mengganti busi secara rutin, pembakaran bahan bakar akan berlangsung optimal dan motor akan lebih mudah dihidupkan.
BACA JUGA:Apa Faktor Utama di Balik Dominasi Ekspor Motor Bebek TVS? Ini Jawabannya!
2. Seal Karet
Seal karet berfungsi sebagai penahan cairan atau pelumas pada berbagai komponen motor, seperti shockbreaker, mesin, dan sistem rem.
Karena terbuat dari bahan karet, seal ini akan mengalami pengerasan dan retak seiring waktu, terutama jika sering terpapar panas atau tekanan tinggi.
Seal karet yang sudah aus dapat menyebabkan kebocoran oli atau cairan lain, yang bisa merusak komponen lain dan mengurangi performa motor.
BACA JUGA:Rekomendasi 7 Motor Listrik Roda Tiga: Viar RE3 dan Model Terbaik untuk Anda!
Untuk jenis motor seperti Suzuki dan Kawasaki, disarankan untuk memeriksa dan mengganti seal karet pada shockbreaker dan mesin setiap dua tahun atau ketika ada tanda-tanda kebocoran.
Dengan penggantian yang tepat, kebocoran cairan dapat dicegah dan motor tetap dalam kondisi terbaik.
3. Bearing
Bearing adalah komponen yang berfungsi membantu roda motor berputar dengan lancar.
BACA JUGA:7 Motor Listrik Roda Tiga Terbaik: Temukan Viar RE3 dan Pilihan Unggul Lainnya!
Ketika bearing sudah aus, roda akan berputar tidak stabil, dan hal ini bisa membahayakan keselamatan pengendara.