Kematian Pemimpin Hamas, Ini Bukan Perangnya Sinwar!

Sabtu 19-10-2024,12:22 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

OLEH: Sabpri Piliang

WARTAWAN SENIOR

 

"Ini bukan perangnya Sinwar".   Bukan perang Haniyeh. Bukan pula Perang Deif,  Issa, atau Aroury". Ini adalah Perang Ideologis. Tak akan pernah berakhir, bila substansinya terus buntu di ujung jalan.

Kematian Yahya Sinwar (Kepala Biro Politik Hamas), melengkapi kematian pemimpin "mainstream" (arus utama) Hamas yang nyaris 'habis', dalam "clash" setahun terakhir. 

Sejak Israel membalas serangan Hamas (Harakat Al-Muqawama Al-Islamiyya) yang menewaskan 1.200 warga Israel, dan menyandera sekitar 250 orang lainnya.

Seluruh pemimpin utama Hamas, telah menjadi incaran, untuk dieliminasi. "Disudahi".

Dimulai dengan Marwan Issa tewas (Gaza), Saleh Al-Aroury (Lebanon/Wakil Kepala Biro Politik Hamas), Mohammad Deif (Gaza/Panglima Izzedin Al Qassam), Ismail Haniyeh (Teheran/Kepala Biro Politik Hamas), dan terakhir Yahya Sinwar (Gaza/pengganti Haniyeh).

BACA JUGA:Lagi lagi Israel Melancarkan Serangan Udara di Gaza, Tewaskan Wakil Menteri Palestina

Kematian pemimpin Hamas "garis keras" ini, dipastikan akan melahirkan pemimpin baru. Pemimpin baru gerakan  yang didirikan oleh Sheikh Ahmad Yassin, pasti muncul. 

Organisasi yang  telah berdiri sejak 1987 lalu (37 tahun) , sejatinya  telah memahami risiko berhadapan dengan Israel. Kematian demi kematian pemimpin Hamas oleh Israel, bukan lagi hal aneh. Hamas telah terbiasa  dengan kematian para pemimpinnya.

Kematian pertama, terjadi terhadap pemimpin Hamas Sheikh Ahmad Yassin (2004). Sebuah rudal yang ditembakkan dari Helikopter, saat Ahmad Yassin pulang Sholat Subuh di Gaza. Menghabisi pemimpin pertama Hamas ini. Lebih 200.000 orang mengantarkannya ke pemakaman.

Abdel Aziz Al-Rantissi yang hanya menjabat empat minggu menggantikan Ahmad Yassin. Juga menemui kematian oleh Israel. Saat mengunjungi anggota keluarganya di Kota Gaza saat fajar menyingsing. 

BACA JUGA:Demi Surat Penangkapan Pemimpin Israel, Jaksa ICC Batalkan Kunjungan ke Gaza

Siangnya ketika akan kembali ke tempat persembunyiannya. Rantissi ditembak di dalam mobilnya. "Kematian ini. Apa itu dengan peluru, lewat helikopter. Atau penyakit Kanker, sama saja. Kematian adalah janjian,"kata Rantissi sebelum terbunuh. 

Kategori :