Daun atau Umbi Singkong, Manakah yang Lebih Bergizi?

Minggu 20-10-2024,14:38 WIB
Reporter : Mey
Editor : Almi

Protein: Daun singkong mengandung sekitar 25% protein, menjadikannya salah satu sumber protein nabati yang baik. Protein penting untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel tubuh.

Vitamin dan Mineral: Daun singkong kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Vitamin A berperan penting untuk kesehatan mata, sementara vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh. Vitamin K penting untuk proses pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Kalsium dan Zat Besi: Daun singkong juga mengandung kalsium dan zat besi yang cukup tinggi. Kalsium penting untuk kesehatan tulang, sedangkan zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Antioksidan: Daun singkong mengandung berbagai senyawa antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi risiko berbagai penyakit kronis.

BACA JUGA:Tidak Hanya di Buat Jus saja? 5 Manfaat Alpukat untuk Wajah dapat Menjadi Masker!

3. Manfaat Kesehatan

Baik daun maupun umbi singkong memiliki manfaat kesehatan yang berbeda:

Umbi Singkong: Sumber energi yang baik, cocok untuk meningkatkan stamina. Serat dalam umbi juga membantu pencernaan dan mengatur kadar gula darah.

Daun Singkong: Dengan kandungan protein dan vitamin yang tinggi, daun singkong sangat baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Antioksidan dalam daun juga membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

4. Perbandingan Kalori dan Nutrisi

Dalam perbandingan kalori dan nutrisi:

Kalori: Umbi singkong lebih tinggi kalori dibandingkan daun singkong. Hal ini menjadikannya sumber energi yang baik, namun perlu diperhatikan bagi mereka yang mengontrol asupan kalori.

Kandungan Gizi: Jika dilihat dari kandungan protein, vitamin, dan mineral, daun singkong memiliki keunggulan yang lebih besar dibandingkan umbi.

Dengan kandungan protein yang tinggi dan beragam vitamin, daun singkong bisa menjadi pilihan lebih bergizi.

BACA JUGA:10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan, Menyimpan banyak Kandungan Nutrisi!

5. Cara Pengolahan dan Konsumsi

Kategori :