Inilah Penyebab Susah Buang Air Besar! dan Tips Mengatasinya?

Jumat 18-10-2024,13:30 WIB
Reporter : Lia
Editor : Almi

Selain itu, konstipasi juga bisa terjadi waktu seseorang mengalami penyakit radang usus, kanker usus akbar, sampai kelainan saraf, seperti multiple sclerosis, stroke, penyakit Parkinson, atau cedera saraf tulang belakang.

6. Faktor psikologis

Gangguan psikis pula dapat menjadi penyebab susah buang air akbar. Gangguan psikis ini meliputi stres, kecemasan, depresi, syok kekerasan, atau pemerkosaan.

BACA JUGA:Apa Pilihan Jaket dengan Outfit untuk Gaya Kasual dan Trendy? Cek Rekomendasinya!

Cara Mengatasi Susah Buang Air besar

Sebab penyebab buang air besar pada setiap orang, cara buat mengatasinya jua berbeda, ya. tetapi, konstipasi umumnya bisa ditangani dengan mengganti gaya hayati. Caranya merupakan menjadi berikut:

Penuhi kebutuhan air putih guna mencegah dehidrasi dan  melunakkan tekstur tinja. Perbanyak konsumsi kuliner berserat, mirip buah-buahan, sayuran, sereal, dan  kacang-kacangan.

Perbanyak aktivitas fisik dan olahraga, misalnya berjalan kaki selama minimal 15 mnt secara rutin. Jangan pernah menunda buang air besar dan segera ke toilet Bila Anda mulai merasakan impian untuk BAB.

BACA JUGA:Ingin Gaya Rock yang Trendi Untuk Pria? Ini 5 Inspirasi untuk Penampilan Anda!

Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga bisa mengonsumsi minuman alami yg mengandung serat plantago dan daun senna buat mengatasi susah BAB.

Minuman ekstra herbal seperti ini bisa melancarkan pencernaan dan mengatasi susah BAB atau sembelit tanpa sakit berlebihan di perut.

Dengan begitu, Anda bisa BAB dengan lancar tanpa rasa mulas dan  perut terasa lebih lega sehingga tidak begah lagi.

Dibandingkan dengan obat pelancar BAB, minuman alami ekstra herbal dan tinggi serat seperti ini disebut lebih aman buat mengatasi keluhan sembelit, lho.

BACA JUGA:Ketahui 7 Manfaat Mangga untuk Masker Wajah, Bikin Kamu Penasaran, Cobain!

Selain itu, obat pelancar BAB Bila dikonsumsi dalam jangka lama   justru bisa mengakibatkan usus tersumbat dan menurunkan fungsi usus sehingga organ ini tidak bekerja menggunakan maksimal .

Bila Anda ingin mengonsumsi suplemen serat, pastikan Anda mengonsumsinya ketika malam hari, ya.

Kategori :