Jamu: Tradisi Kesehatan Kuno yang Terus Hidup dalam Budaya Indonesia

Sabtu 19-10-2024,09:57 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

Resep jamu bervariasi di setiap daerah, dengan setiap pembuat menyesuaikan bahan sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan peminumnya.

BACA JUGA:Apa Motif Kemeja yang Tepat untuk Tubuh Gemuk? Simak Tips Agar Terlihat Slim!

BACA JUGA:Apa Tips Memadukan Loose Pants dengan Outfit Stylish? Lihat 10 Inspirasi Ini!

 Akupunktur di Tiongkok

Akupunktur adalah praktik yang sudah ada di Tiongkok selama sekitar 5.000 tahun dan melibatkan penusukan kulit dengan jarum untuk menyeimbangkan energi dalam tubuh, khususnya energi yin dan yang.

“Mirip dengan Nuad Thai, akupunktur bertujuan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental dengan mengatasi penyumbatan dalam aliran energi,” tambah O’Connell.

Energi ini, dikenal sebagai qi, mengalir melalui dua belas jalur di dalam tubuh, masing-masing terhubung dengan organ vital.

BACA JUGA:Masalah Bau Ketiak Tak Sedap? Tips Agar Kamu Tampil lebih Percaya Diri, 6 Deodorant Terbaik!

BACA JUGA:Jangan Asal-asalan bunda!! Inilah Tips Mengatasi Bayi Cegukan yang Aman!

Praktisi akupunktur biasanya menggunakan lima hingga dua puluh jarum yang ditempatkan di titik tertentu pada kulit pasien untuk merawat berbagai masalah kesehatan, seperti migrain, nyeri otot, dan gangguan pernapasan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akupunktur dapat merangsang produksi endorfin, yang membantu meningkatkan suasana hati.

 Pijat di Thailand

Thailand terkenal dengan banyak panti pijat yang menawarkan terapi fisik. Namun, pijat Nuad Thai memiliki makna yang lebih dalam dan merupakan bagian dari budaya yang telah ada selama 2.500 tahun. Pijat ini dilakukan di rumah dan dianggap sebagai seni serta ilmu pengetahuan.

BACA JUGA:Tips Merawat Kain Tenun: Panduan Lengkap untuk Mencuci Tanpa Merusak

BACA JUGA:Tips Efektif Mengatasi Anak yang Takut Sunat: Cara Aman dan Nyaman

Praktisi pijat Nuad Thai memanfaatkan tangan, kaki, lutut, dan siku untuk meremas, menekuk, dan meregangkan tubuh pasien, dengan tujuan mengatasi masalah kesehatan melalui pembukaan saluran energi yang terhalang.

Kategori :