10 Manfaat Dari Teh Daun Salam yang Jarang Diketahui, Serta Efek Sampingnya!

Rabu 16-10-2024,09:41 WIB
Reporter : Lia
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Daun salam atau bay laurel adalah tumbuhan dari spesies Laurus nobilis. Selain berfungsi buat mempertinggi aroma kuliner, daun ini juga memiliki berbagai khasiat serta manfaat kesehatan.

Daun salam bisa digunakan dalam keadaan segar maupun kemarau. dalam sebuah studi, tanaman ini mengandung sejumlah senyawa aktif, termasuk tanin, flavonoid, alkaloid, linalol, eugenol, metil kavikol, dan antosianin.

Senyawa ini menyampaikan pengaruh antiinflamasi, diuretik, antioksidan, pencernaan, dan antirematik. Selain dimasukkan pada kuliner, daun salam ternyata mampu dijadikan teh. 

Berikut artinya 10 khasiat tersembunyi berasal daun salam, serta cara pembuatan teh.

BACA JUGA:Nutrisi Penting: Makanan Kaya Vitamin D untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Kegiatan Antimikroba

Minyak esensial dalam daun salam mempunyai aktivitas antimikroba yg efektif melawan bakteri seperti Staphylococcus aureus, Enterococcus sp, Escherichia coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

Bakteri-bakteri ini bisa mengakibatkan infeksi kulit, saluran pencernaan, serta saluran kemih. Daun salam pula memiliki kegiatan antifungi yg efektif melawan beberapa spesies fungi.

2. Mengelola Diabetes Tipe dua

BACA JUGA:7 Sayuran Kaya Kalsium yang Sehat dan Bisa Menjadi Alternatif Susu!

Khasiat daun salam bisa menaikkan fungsi insulin sebagai hormon pengatur glukosa pada sel sangat membantu dalam mengatur kadar gula darah, yang ialah hal penting dalam pencegahan serta pengelolaan diabetes.

3. Mengatur Kadar Kolesterol

Ekstrak daun salam, cantoh eucalyptol serta polifenol dengan impak antioksidan, dapat membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah.

Mereka menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida, dan menaikkan kadar HDL. Daun salam bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis, infark miokard, atau stroke.

BACA JUGA:Menghadapi Anak yang Takut Sunat? Ini Solusi Tepat untuk Mengurangi Ketakutan

Kategori :