Perkuat Sistem Imun Anda dengan Makanan Mengandung Vitamin D yang Kaya Manfaat

Rabu 16-10-2024,11:57 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Vitamin D merupakan nutrisi krusial yang berperan besar dalam kesehatan tubuh, terutama dalam mendukung sistem kekebalan.

Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko berbagai infeksi dan penyakit. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang kaya vitamin D dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak, seperti salmon, sarden, makarel, dan tuna, adalah sumber utama vitamin D. Contohnya, salmon mengandung sekitar 570 IU (International Units) vitamin D dalam setiap 100 gram.

Selain itu, omega-3 yang terdapat dalam ikan berlemak membantu mengurangi peradangan dan mendukung kesehatan sistem imun.

BACA JUGA:Mengapa Kesehatan Mental Penting? Kenali Gejala, Penyebab, dan Langkah Pencegahannya

BACA JUGA:Temukan 5 Manfaat Menakjubkan Buah Carica untuk Kesehatan Anda!

2. Minyak Hati Ikan Cod

Minyak hati ikan cod merupakan suplemen kaya vitamin D yang sudah lama digunakan. Dalam satu sendok makan minyak ini, terdapat sekitar 1.360 IU vitamin D.

Selain itu, minyak ini juga mengandung omega-3 dan vitamin A, yang keduanya berkontribusi pada kesehatan sistem kekebalan tubuh.

3. Jamur

Jamur, terutama yang terpapar sinar ultraviolet, adalah sumber nabati vitamin D. Varietas seperti shiitake dan maitake dapat meningkatkan asupan harian vitamin D, dengan jamur maitake mengandung sekitar 1.000 IU vitamin D per 100 gram. Selain itu, jamur kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas.

BACA JUGA:5 Keuntungan Konsumsi Rumput Laut: Nutrisi Alami untuk Kesehatan Optimal

BACA JUGA:Pilihan Makanan dan Minuman yang Efektif untuk Mengatasi Kista: Menu Sehat untuk Kesehatan Anda

4. Susu dan Produk Susunya

Kategori :