Bawang Putih: Rahasia Kesehatan yang Tak Terduga untuk Menurunkan Kolesterol dan Lebih Banyak Lagi!

Minggu 13-10-2024,23:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang sangat penting dalam masakan Indonesia dan menawarkan banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan berbagai cara.

Anda dapat mengonsumsinya dalam keadaan mentah, mencampurkannya dengan bahan makanan lain, atau menggunakan suplemen ekstrak bawang putih.

Selama berabad-abad, bawang putih dikenal karena kemampuannya dalam menurunkan kolesterol dan mendukung kesehatan jantung. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari bawang putih, penting untuk memperhatikan cara dan aturan konsumsinya.

Bawang putih mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat meskipun rendah kalori. Dalam satu siung bawang putih terdapat mangan, vitamin C, selenium, serta sejumlah kecil serat, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, vitamin B1, vitamin B6, dan kalium.

BACA JUGA:Mengapa Kesehatan Mental Penting? Kenali Gejala, Penyebab, dan Langkah Pencegahannya

BACA JUGA:Temukan 5 Manfaat Menakjubkan Buah Carica untuk Kesehatan Anda!

Selain itu, bawang putih kaya akan antioksidan, yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Dengan nama ilmiah Allium sativum, bawang putih merupakan umbi dari tanaman yang termasuk dalam keluarga amarilis (Amaryllidaceae).

Tanaman ini berasal dari Asia Tengah dan dapat tumbuh di negara-negara seperti Italia dan Prancis bagian selatan.

Umumnya, satu umbi bawang putih terdiri dari 1 hingga 10 siung, dengan berat masing-masing siung berkisar antara 6 hingga 8 gram.

BACA JUGA:5 Keuntungan Konsumsi Rumput Laut: Nutrisi Alami untuk Kesehatan Optimal

BACA JUGA:Pilihan Makanan dan Minuman yang Efektif untuk Mengatasi Kista: Menu Sehat untuk Kesehatan Anda

Berikut adalah lima manfaat kesehatan dari bawang putih yang penting untuk diperhatikan:

1. Menurunkan Kolesterol

   Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Medical Science and Public Health pada tahun 2016 menunjukkan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 10 hingga 13 persen setelah 90 hari pengobatan.

Kategori :