Cara Efektif Menyimpan Apel Kupas Agar Tidak Cepat Menguning

Senin 14-10-2024,11:54 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Buah apel merupakan salah satu buah yang populer di berbagai belahan dunia karena rasanya yang manis dan kandungan nutrisinya yang melimpah.

Namun, apel yang sudah dipotong sering kali berubah warna menjadi cokelat akibat oksidasi. Proses ini terjadi ketika enzim dalam apel berinteraksi dengan oksigen di udara.

Berikut adalah beberapa metode untuk mencegah perubahan warna pada apel, baik menggunakan bahan alami maupun bahan tambahan.

1. Menggunakan Jus Lemon

Jus lemon adalah cara yang ampuh untuk mencegah apel berubah warna. Kandungan asam sitrat dalam lemon berfungsi untuk memperlambat proses oksidasi.

BACA JUGA:Kuatir Karena Pembengkakkan Getah Bening? Ini Tips Pengobtan dan Meredakannya

BACA JUGA:10 Tips Perawatan Jam Tangan Supaya Awet

Oleskan jus lemon ke permukaan apel setelah dipotong, atau rendam potongan apel dalam campuran air dan jus lemon selama beberapa menit.

2. Menggunakan Garam 

Larutan garam juga bisa digunakan untuk menghambat perubahan warna pada apel. Campurkan sedikit garam ke dalam air dan rendam potongan apel di dalamnya selama beberapa menit.

Setelah itu, bilas dengan air bersih agar tidak terlalu asin. Metode ini efektif sekaligus memberikan sensasi gurih pada apel.

3. Menggunakan Cuka 

Cuka, baik cuka putih maupun cuka apel, juga dapat mengurangi perubahan warna pada apel. Rendam potongan apel dalam larutan cuka dan air, kemudian bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:Bagaimana Memadukan Sepatu Kulit Cokelat dengan Outfit Pria yang Tepat? Cari Tahu Tipsnya Disini!

BACA JUGA:Hilangkan Rasa Malu: Tips Mencukur Bulu Kaki Agar Tak Tumbuh Kembali

Kategori :