Ponsel Lipat 3 Pertama di Dunia, Begini Spesifikasi Huaei Mate XT

Rabu 11-09-2024,21:34 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Huawei resmi meluncurkan ponsel lipat terbarunya, Mate XT pada Selasa (10/9/2024). Berbeda dengan ponsel lipat pada umumnya yang bisa dilipat jadi dua bagian, Huawei Mate XT merupakan perangkat yang layarnya bisa dilipat hingga tiga bagian.

Huawei mengeklaim mekanisme lipatan layar seperti ini menjadikan Mate XT ponsel lipat pertama di di dunia yang layarnya bisa dilipat tiga kali. 

Supaya bisa dilipat tiga, layar utama Huawei Mate XT, yang memiliki panel OLED rasio 16:11 dengan ukuran 10,2 inci dan resolusi 2.232 x 3.184 piksel, ditopang dengan dua buah engsel (hinge) yang bisa membagi layar ponsel menjadi tiga bagian.

Engsel ini diletakkan di sepertiga bagian kiri dan kanan layar utama yang sudah dilindungi dengan kaca ultra thin.

BACA JUGA:Huawei Kalahkan Apple, Luncurkan Mate XT, Smartphone Bisa Dilipat 3 Kali

Nah, komponen engsel di bagian kiri perangkat layar bisa membuat layar dilipat keluar (outward), sedangkan engsel di bagian kanan layar bisa melipat layar ke dalam (inward), sama seperti fungsi engsel di Galaxy Z Fold 6.

Ketika layar ponsel ini dilipat setengah, maka bentuknya akan menyerupai huruf "Z", dan ketika layar dilipat sepenuhnya, bagian layar yang dilipat outward tadi akan menampilkan layar sekunder (Cover Screen) dengan ukuran 6,4 inci (1.008 x 2.232 piksel).

Yang menarik, pengguna juga bisa melipat layar bagian kiri saja, guna membuat Huawei Mate XT menampilkan layar yang lebih luas dari Cover Screen dengan ukuran 7,9 inci (2.048 x 2.232 piksel). 

Nah, ketika layar dilipat sepenuhnya dan perangkat dilihat dari sisi kanan, kiri, atas, maupun bawah, Huawei Mate XT seakan terlihat seperti tiga ponsel tipis yang ditumpuk dengan rapi.

BACA JUGA:Seri Terbaru! Simak Performa dan Spesifikasi Tablet MatePad 11.5

Huawei menyebut dimensi ketebalan ponsel ini cukup tipis dengan 3,6-4,8 mm ketika layar dibentangkan, dan 12,8 mm ketika ponsel dilipat sepenuhnya. 

Secara spesifikasi, Huawei Mate XT dibekali dengan tiga kamera belakang yang diimuat dalam modul berbentuk segi delapan. Ketiga kamera ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.4-4.0, PDAF, OIS), 12 MP (f/3.4, telefoto, 5,5x optical zoom), dan 12 MP (f/2.2, ultrawide).

Kamera utama ponsel ini memiliki variable aperture. Sehingga, bukaannya bisa diatur dari bukaan f/1.4 - 4.0, sesuai dengan intensitas cahaya yang masuk ke dalam lensa kamera.

Pada bagian depan, terdapat satu kamera 8 MP (f/2.2) yang dimuat di bagian kiri atas layar utama.

Pada aspek performa, Huawei belum mengungkap chipset yang dipakai ponsel layar lipat tiga terbarunya ini. Konon, "otak" yang dipakai perangkat ini adalah Kirin 9010 5G yang juga dipakai ponsel flagship Huawei Pura 70 Series. Sebab, Mate XT juga sudah mendukung fitur komunikasi via satelit.

Kategori :