Jelang Penutupan Pendaftaran CPNS 2024, Masalah e-Materai PERURI Jadi Sorotan Netizen

Jumat 06-09-2024,05:22 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Menjelang penutupan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 pada Jumat, 6 September 2024, layanan e-materai yang disediakan oleh Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI) mengalami kendala. 

Masalah ini membuat ribuan calon pelamar CPNS merasa terhambat, terutama dalam proses pembelian e-materai yang dibutuhkan untuk pendaftaran.

Situasi ini membuat netizen menyerbu akun resmi media sosial PERURI di Instagram, @peruri.digital, dengan berbagai keluhan. 

Hingga pukul 11.00 WIB pada Kamis, 5 September 2024, lebih dari 15 ribu komentar telah membanjiri unggahan terbaru akun tersebut. 

BACA JUGA:Masih Bingung Beli E Materai CPNS, Cek Disin

Mayoritas dari mereka menyampaikan kekecewaan karena masalah teknis yang terjadi pada sistem e-materai, yang seharusnya mempermudah, namun justru menghambat proses pendaftaran CPNS.

Keluhan Netizen Terhadap Sistem e-Materai

Ungkapan kekesalan netizen terhadap masalah e-materai begitu beragam. Beberapa pengguna menulis dengan nada kesal karena tidak bisa melanjutkan pendaftaran mereka. 

Salah satu komentar yang mendapat perhatian luas datang dari akun @bidadari*********, yang menulis, "HOAX DOANG DEHHHHH!!!.. GANTI MANUAL AJA DULU MATERAINYA!!! Katanya web sudah normal. Tapi pas login muncul notif Failed to connect to account-service.metel.svc.cluster.local port 8002: Connection refused. Tutup, mending materai offline," tulisnya, yang kemudian disukai oleh 1.188 pengguna lain.

Netizen lainnya juga meminta solusi dari pihak PERURI dengan mempertimbangkan alternatif seperti penggunaan materai manual. "Mintaa maaf bukan solusi. Minimal tanggung jawab ke BKN bilang kalian ga siap, minta perpanjangan waktu dan pake materai tempel aja," tulis @rhm**ap. Sementara itu, akun @rar*tha menulis, "H-1 nih boy!! Gimana solusi anda peruri?????"

BACA JUGA:Bagaimana Cara Lolos CPNS 2024? Ini 10 Tips Praktis yang Bisa Kamu Coba!

Tanggapan para netizen ini menyoroti bagaimana pentingnya solusi cepat dan efektif dari pihak terkait, mengingat batas waktu pendaftaran yang semakin dekat.

Banyak pelamar khawatir jika mereka tidak dapat menyelesaikan proses pendaftaran karena terhambat oleh masalah teknis di layanan e-materai.

Proses Pendaftaran CPNS 2024

Sejak 20 Agustus 2024, pemerintah secara resmi membuka pendaftaran CPNS 2024. Pendaftaran ini dijadwalkan akan ditutup pada Jumat, 6 September 2024. 

Kategori :