3 Pahlawan Kemerdekaan RI Gugur di Usia Muda, Kisah Heroiknya Masih Dikenang

Senin 26-08-2024,05:22 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

BACA JUGA:Di Balik Proklamasi, Kisah Heroik Lima Pahlawan Kemerdekaan Indonesai yang Terlupakan?

3. RA Kartini (25 Tahun)

Bukunya yang sangat fenomenal berjudul, ”Habis Gelap, Terbitlah Terang” ini menjadi tanda emansipasi perempuan. Di sana RA Kartini menuliskan pemikirannya, bahwa seorang perempuan juga layak untuk bermimpi dan mewujudkan mimpinya.

Atas coretan penanya tersebut, RA Kartini berhasil merubah mindset perempuan masa kini yang bukan hanya menjadi ibu rumah tangga yang hanya lulus di bangku sekolah dasar, melainkan bisa sekolah setinggi mungkin bahkan di antara mereka menjadi pejabat tinggi negara.

Lahir di Jepara pada 21 April 1879, menjadikan tanggal lahirnya tersebut selalu diperingati sebagai hari Kartini atas jasanya yang cukup besar.

RA Kartini tutup usia pada usianya yang menginjak 25 tahun. Meskipun raga sudah tertanam di bumi, namun namanya akan tetap di hati perempuan Indonesia.

BACA JUGA:Sumatera Selatan Mengenang Pahlawan, Kolonel Barlian Pahlawan Kemerdekaan, Ini ceritanya!

Itulah beberapa pahlawan yang meninggal di usia muda. Ada banyak sekali hal yang bisa kita pelajari dari mereka, yaitu tentang perjuangan, pantang menyerah, rela berkorban, berani ambil resiko dan lain sebagainya.

Tugas kita memang bukan lagi melawan penjajah, namun melawan rasa malas dalam diri. Bagaimana Beauties? Sudah siap untuk melawannya?

Kategori :