Bikin Turun Gula Darah, Jika Konsumsi 6 Minuman Alami Ini

Senin 26-08-2024,00:10 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAMPOS.COM - Sembarang pola makan menjadi momok bagi penderita diabet. Gula darah pasti tinggi, jika tak diatur pola makan. Sebab peningkatan gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai komplikasi penyakit seperti stroke dan jantung.

Beberapa makanan dan minuman dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Berikut beberapa minuman yang dapat membantu membantu menurunkan kadar gula darah melansir Eating Well.

1. Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau telah terbukti menurunkan kadar glukosa darah puasa, menurut penelitian dalam Nutrition & Metabolism.

Katekin dalam teh dapat menghalangi sebagian penyerapan karbohidrat selama proses pencernaan, juga dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

Juga dapat mengurangi stres oksidatif, yang semuanya dapat membantu menurunkan gula darah Anda.

BACA JUGA:Pedoman Makanan bagi Penderita Diabetes: Makanan yang Aman dan Bergizi

2. Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara rutin dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah, menurut penelitian tahun 2019 dalam jurnal Nutrients.

Senyawa tanaman yang disebut fitokimia dalam kopi dapat mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas.

Yang melindungi terhadap perkembangan perlemakan hati dan menjaga fungsi insulin (pengatur utama gula darah).

3. Teh Hitam

Teh juga merupakan minuman yang dikaitkan dengan risiko diabetes dan komplikasi diabetes yang lebih rendah, menurut tinjauan tahun 2019 dalam jurnal Antioxidants. Senyawa teh membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif serta peradangan.

BACA JUGA:Bantu Atasi Diabetes! Berikut Sederet Manfaat Luar Biasa dari Timun Jepang yang Harus Kamu Tau!

Para peneliti bahkan mengatakan komponen teh ini dapat dikembangkan menjadi produk yang suatu hari nanti dapat membantu mengelola diabetes.

Kategori :