Apa Saja Isi Tuntutan Demo 22 Agustus 2024 di Jakarta? Simak Disini!

Jumat 23-08-2024,11:41 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

Para demonstran yang berkumpul di depan Gedung MK menyuarakan kekhawatiran mereka terhadap upaya pemerintah yang dianggap berusaha mengabaikan keputusan konstitusional. 

Seruan seperti "Selamatkan demokrasi" dan "Turunkan Jokowi" menggema di tengah kerumunan massa, menandakan bahwa aksi ini bukan hanya protes terhadap keputusan spesifik DPR, tetapi juga merupakan ungkapan ketidakpuasan terhadap pemerintahan saat ini.

Refleksi dan Tantangan Demokrasi di Masa Depan

BACA JUGA:BEM UNS Solo Mendesak Nadiem Mundur, Jika Tak Bisa Atasi Persoalan UKT

Aksi demonstrasi yang terjadi pada 22 Agustus 2024 mencerminkan adanya kekhawatiran mendalam dari berbagai elemen masyarakat tentang kondisi demokrasi di Indonesia. 

Keputusan Baleg DPR terkait RUU Pilkada dianggap sebagai bentuk pelanggaran terhadap konstitusi dan upaya untuk memperlemah demokrasi.

Massa demonstran menuntut agar pemerintah dan DPR menghormati putusan MK serta mengutamakan kepentingan rakyat dalam setiap keputusan yang diambil.

Demonstrasi ini juga menunjukkan bahwa masyarakat, terutama kalangan mahasiswa dan aktivis, masih memegang teguh prinsip-prinsip demokrasi dan tidak segan untuk turun ke jalan demi memperjuangkan hak-hak mereka.

BACA JUGA:Afrika Selatan Desak Pengadilan Dunia Bersidang Darurat, Stop Serangan Israel di Rafah

Di sisi lain, pemerintah dan DPR dihadapkan pada tantangan besar untuk menjaga kepercayaan publik dan memastikan bahwa proses demokrasi berjalan sesuai dengan konstitusi.

Ke depan, aksi ini mungkin menjadi titik balik bagi perdebatan yang lebih luas tentang bagaimana demokrasi di Indonesia dapat terus berkembang dan bertahan di tengah berbagai tantangan politik.

 

Source: tirto.id - Isi Tuntutan Demo 22 Agustus 2024 di Jakarta, Tentang Apa?

https://tirto.id/isi-tuntutan-demo-22-agustus-2024-di-jakarta-tentang-apa-g2X3

Kategori :