Mengungkap Jejak Awal: Temuan Kerangka Manusia Tertua di Vietnam dan Dampaknya pada Sejarah Peradaban

Kamis 22-08-2024,23:57 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM – Temuan baru di Vietnam mengungkap kerangka manusia tertua di negara tersebut, yang diperkirakan berusia sekitar 10.000 tahun. 

Penemuan ini melibatkan tiga kuburan yang berisi sisa-sisa baik anak-anak maupun orang dewasa, dan terjadi di kompleks pagoda Tam Chuc, distrik Kim Bang, yang ditemukan oleh Institut Arkeologi Vietnam pada Maret 2023.

Menurut Mai Thanh Chung, Direktur Departemen Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata provinsi Ha Nam, ini adalah kali pertama sisa-sisa manusia dengan usia 10.000 tahun ditemukan di Vietnam.

Selain itu, seorang ahli bioarkeologi Australia mengidentifikasi jenazah seorang pria yang mungkin merupakan salah satu korban kelumpuhan tertua di dunia.

Temuan ini berasal dari situs pemakaman Neolitikum di Man Bac, sekitar 100 km selatan Hanoi.

Jenazah tersebut diperkirakan berusia antara 3.500 hingga 4.000 tahun dan merupakan seorang pria dewasa yang meninggal pada usia 25 tahun.

Pria ini dikenal sebagai Man Bac Burial 9 (M9) dan mengalami kelumpuhan total pada bagian bawah tubuhnya akibat sindrom Klippel-Feil, sebuah kondisi yang melibatkan fusi tulang belakang.

Lorna Tilley, Ph.D. dari Australian National University, yang terlibat dalam penggalian bersama Marc Oxenham, mencatat bahwa M9 mengalami mobilitas sangat terbatas dan bergantung sepenuhnya pada bantuan orang lain selama setidaknya satu dekade sebelum kematiannya.

Di lokasi penggalian, selain kerangka manusia, para arkeolog juga menemukan cangkang moluska dan tulang gigi hewan kecil, yang kemungkinan merupakan bagian dari diet manusia purba di masa lalu.

Kerangka-kerangka ini, beberapa di antaranya ditemukan dalam posisi berlutut, menambah wawasan tentang praktik pemakaman dan kehidupan sehari-hari di masa itu.

BACA JUGA:Menyingkap Masa Lalu: Temuan Fosil Dinosaurus Menguak Sejarah Bumi

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah Peradaban Zaman Dahulu Melalui Temuan Fosil-fosil Tulang Dinosaurus

BACA JUGA:Ditemukan Fosil tak Dikenal di Israel, Benarkah Nenek Moyang Manusia

BACA JUGA:Ilmuwan Temukan Fosil Telur Berisi Bayi Dinosaurus, Dikabarkan Jenis Oviraptor

Kategori :