Bitcoin Stabil di US$60.000, Altcoin Mencetak Kenaikan Tajam: Apa Selanjutnya?

Rabu 21-08-2024,14:07 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Almi

Selama minggu lalu, ETF Spot Bitcoin mencatatkan total net inflow sebesar US$32,4 juta. 

BACA JUGA:Peringatan dari Analis Kripto: Potensi Penurunan Harga Bitcoin di Tengah Volatilitas Pasar

Produk ini berhasil mencatatkan empat hari positif dari lima hari perdagangan, meskipun ada satu hari dengan arus keluar bersih harian sebesar US$81,4 juta pada 14 Agustus 2024.

Sementara itu, ETF Spot Ethereum justru mencatatkan total net outflow sebesar US$14,16 juta pekan lalu, setelah sebelumnya sempat menutup minggu dengan total net inflow sebesar US$104,76 juta. 

Perbedaan tren ini mencerminkan sentimen pasar yang berbeda terhadap dua aset kripto terbesar tersebut, di mana Bitcoin lebih mendapat perhatian investor dibandingkan Ethereum.

Altcoin Mencetak Kenaikan Signifikan

Meski Bitcoin bergerak sideways, altcoin justru mengalami momentum positif sepanjang minggu lalu. 

BACA JUGA:Negara Inii Mendadak Kaya, Berkat Bitcoin Kok Bisa

Beberapa altcoin yang mencatatkan kenaikan tertinggi di antaranya adalah ThorChain (RUNE), yang naik 25,12 persen menjadi US$3,90, Aave (AAVE) yang menguat 22,90 persen menjadi US$111, dan Fantom (FTM) yang naik 18,72 persen menjadi US$0,389.

Momentum positif di pasar altcoin ini menunjukkan adanya rotasi modal dari Bitcoin ke altcoin, yang mungkin dipengaruhi oleh aksi ambil untung dari para investor di tengah kondisi pasar yang fluktuatif. 

Pasar kripto secara keseluruhan tampak sedang bersiap menghadapi serangkaian peristiwa penting minggu ini yang berpotensi mempengaruhi pasar keuangan tradisional dan aset kripto, termasuk altcoin.

Dampak Kebijakan Federal Reserve Terhadap Pasar Kripto

Minggu ini, perhatian investor tidak hanya tertuju pada perkembangan harga aset kripto, tetapi juga pada serangkaian peristiwa ekonomi yang penting di Amerika Serikat. 

BACA JUGA:4 Aplikasi Terbaik untuk Menghasilkan Bitcoin: Peluang Baru di Era Digital

Minggu ini dimulai dengan pidato dari Gubernur Federal Reserve (Fed) Christopher Waller pada Senin 19 Agustus 2024, diikuti oleh komentar dari Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic dan Wakil Ketua Pengawasan Fed Michael Barr pada Selasa 20 Agustus 2024. 

Namun, fokus utama pasar adalah pidato Ketua Fed Jerome Powell pada Jumat (23/8/2024). Pidato ini diperkirakan akan memberikan panduan mengenai kebijakan suku bunga Fed di masa mendatang.

Kategori :