Menjelajahi Bontang di Kaltim, Yuk Cobain 8 Kulinernya Untuk Oleh Oleh

Minggu 18-08-2024,12:21 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAMPOS.COM - Kalimantan menjadi trending belakangan ini karena adanya upaya pemerintah memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Rencana ini bertujuan untuk meningkatkan pemerataan pelayanan publik, memperkuat kehadiran pemerintah di Kalimantan, dan mengalihkan fokus pariwisata ke Kalimantan.

Bicara soal pariwisata, pulau ini sudah ramai dikunjungi wisatawan bahkan sebelum ibu kotanya direlokasi. Pulau Kalimantan memiliki banyak destinasi wisata menarik, antara lain Taman Nasional Tanjung Puting dan Pasar Terapung Lok Baitang.

Selain itu, oleh-oleh khas Kalimantan juga tak kalah menarik, termasuk yang berasal dari kota Bontang. Mau tahu? Yuk, intip satu persatu oleh-oleh khas Bontang!

BACA JUGA:5 Makanan Khas Kaltim yang Miliki Keunikan Rasa di Padukan dengan Rempah Rahasia

Tempat wisata terkenal lainnya di Bontang antara lain Pulau Belas Basa, Pulau Segaja, Rumah Adat Kutai Guntung, Lembah Asri, Pantai Marina, dan Taman Air Kenari.

Dari segi kuliner, Bontang sama terkenalnya dengan kota lainnya. Terkenal dengan hidangan seafoodnya seperti gammi bawi.

Yang terbuat dari kerang, cumi dan udang, serta balonan bakar pedasnya. Wow, saya selalu ingin menambahkan lebih banyak!

Jika Anda berkesempatan berkunjung ke Bontang, berikut delapan kuliner khas Bontang yang pasti Anda sukai

BACA JUGA:Menikmati Sajian Tradisional Khas Kaltim yang Miliki Cita Rasa Nikmat dan Lezat

1. Keminting

Keminting adalah makanan ringan berbentuk bulat atau lonjong yang terbuat dari tepung kanji dan tepung terigu.

Dicampur dengan gula jawa untuk memberikan rasa manis yang aromatik, keminting sering dihidangkan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Teksturnya renyah dan cocok dinikmati bersama secangkir kopi atau teh hangat.

 2. Amplang Ikan

Kategori :