Bagaimana Menghadirkan Pariwisata Aman di Labuan Bajo? Ini yang Dilakukan Menparekraf!

Jumat 16-08-2024,15:26 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Labuan Bajo, salah satu destinasi super prioritas di Indonesia, terus berbenah untuk menjadi tujuan wisata kelas dunia.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menjalin kolaborasi strategis dengan Grab Indonesia. 

Kerjasama ini bertujuan untuk menghadirkan pariwisata yang aman, nyaman, dan menyenangkan di Labuan Bajo.

Pada acara “Puncak Acara Program Kota Masa Depan Berani Digital dan Peluncuran Fitur Pusat Keamanan dan Keselamatan Grab untuk Wisatawan” yang digelar di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kamis (15/8/2024), Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasinya kepada Grab Indonesia. 

BACA JUGA:Eksplorasi Rasa Dieng: 5 Kuliner yang Paling Menggugah Selera di Destinasi Wisata Favorit

Menurutnya, komitmen Grab dalam mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan wisatawan, serta digitalisasi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif, merupakan langkah penting dalam memajukan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata unggulan.

“Kita memerlukan inovasi dan kolaborasi ini, karena ini bagian dari keniscayaan yang harus kita hadirkan di destinasi super prioritas kelas dunia seperti Labuan Bajo. Apalagi, kita akan ada penerbangan internasional, sehingga kita harus memastikan pengalaman berwisata di Labuan Bajo yang terdigitalisasi ini dalam menghadirkan pariwisata aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Sandiaga.

Digitalisasi untuk Pemberdayaan UMKM dan Ekonomi Kreatif

Salah satu fokus utama kolaborasi ini adalah memperluas digitalisasi di kalangan pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo. 

BACA JUGA:Nikmat Berzakat, Tentram Muzaki Bahagianya Mustahik, 78 UMKM Terima Bantuan Modal Usaha

Menparekraf Sandiaga mendorong Grab untuk melibatkan masyarakat lokal dalam inisiatif ini. 

Digitalisasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan omzet pelaku UMKM, menjadikan mereka lebih siap menghadapi tantangan era digital.

Chief of Public Affairs Grab, Tirza R. Munusamy, menegaskan komitmen Grab dalam mendukung program digitalisasi di Labuan Bajo melalui program ‘Kota Masa Depan Berani Digital’.

“Kami ada pendampingan untuk digitalisasi supaya cara jualannya juga digital. Satu hal yang unik di Labuan Bajo, salah satu trainingnya adalah hospitality, karena Labuan Bajo merupakan destinasi super prioritas,” kata Tirza.

BACA JUGA:4 Wisata Terbaik di Labuan Bajo! Destinasi Andalan di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi

Kategori :