Perkuat Identitas Lokal, Disdikbud Gelar Rembuk Adat

Minggu 11-08-2024,22:34 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pagar Alam lakukan kegiatan Rembuk Adat dan Kunjungan ke Rumah Baghi dan Tempat Bersejarah di Kota Pagar Alam tahun 2024.

Pj Walikota Pagar Alam, H. Lusapta Yudha Kurnia diwakili oleh Asisten II, Dawam dalam sambutannya mengatakan, sebuah gagasan kebudayaan dari nilai hukum kebiasan.

Maupun adat yang diturunkan dari pangkalan-pangkalan kebudayaan, hal ini telah membentuk kebiasan dan adat istiadat. 

“Pencampuran dari kebudayaan dari luar hal itu membuat pergeseran atau perubahan dalam adat. Hal itu membuat hal positif maupun negatif,” katanya.

BACA JUGA: Ghumah Baghi, Eksplorasi Keunikan Rumah Adat Besemah di Sumatera Selatan

Adat Budaya Besemah berperan penting untuk mewujudkan masyarakat Kota Pagaralam berpradaban.

Dengan demikian rembuk adat ini sangat penting dilakukan. “Dan pihak Pemkot Pagar Alam sangat mengapresiasi giat yang dilakukan Disdikbud,” imbuhnya.


Foto : Kunjungan rumah baghi dan tempat bersejarah di Pagar Alam.--Pagaralampos.com

Kepala Disdikbud Kota Pagar Alam, Cholmin Heriyadi melalui Kabid Kebudayaan, Lusi Suriani mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta.

Terdiri dari Suku Semidang, Suku Penjalang, Sumbay Mangko Anom, Sumbay Ulu Rurah, Sumbay Besak, Sumbay Tanjung Kaye, Camat se Kota Pagar Alam, Lurah se Kota Pagar Alam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan RT/Rw se Kota Pagar Alam.

BACA JUGA:Jadikan Pemantik Memajukan Adat Besemah Pagaralam, 41 Pengurus Lembaga Adat Besemah Resmi Dilantik

BACA JUGA:Bahas Draft Perwako Bahasa dan Pakaian Adat Besemah

Lusi juga menjelaskan, untuk pemateri langsung didatangkan dari lembaga kebudayaan DKI Jakarta.

Selain, lajut Lusi, kegiatan rembuk adat, para peserta diajak mengunjungi rumah baghi dan tempat bersejarah yang ada di Kota Pagar Alam.

“Alhamdulillah berjalan dengan aman dan lancar, diharapkan dengan dilaksanakanya kegiatan ini kedepanya bisa lebih memahami adat dan istiadat Besemah,” pungkasnya.

Kategori :