Apa Saja Ragam Budaya Suku Melayu Deli Saat Ini? Simak Detailnya Disini!

Sabtu 03-08-2024,13:22 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Almi

Adat-istiadat dan budaya mereka berlandaskan ajaran Islam. 

Namun, masih ada yang mempercayai keberadaan roh-roh di sekitar mereka dan mengadakan upacara untuk menyenangkan roh-roh tersebut.

Kebudayaan Tradisi Melayu

BACA JUGA:Inilah 5 Tradisi Unik Berbagai Suku di Indonesia, Antara Keunikan dan Kontroversi

Tradisi Kelahiran

Saat seorang ibu sedang mengandung, ada banyak anjuran kebaikan dan larangan untuk memastikan kesehatan rohani dan jasmani anak. 

Setelah anak lahir, diazankan dan dilakukan upacara turun mandi setelah seminggu, dimana ibu dan bayi dimandikan di sungai oleh bidan.

Tradisi Nikah-Kawin

BACA JUGA:Mengenal Kehidupan Suku Laut, Berbulan-bulan Hidup di Perahu!

Proses pernikahan meliputi beberapa tahapan seperti merisik, meminang, berinai, berandam, menikah (akad nikah), bersanding, tepuk tepung tawar, makan nasi hadap-hadapan, memberi hormat pada mertua, dan berdimbar (mandi taman).

Tradisi Kematian

Sesuai dengan ajaran Islam, kematian dianggap sebagai perjalanan menuju hadirat Ilahi. Tanda kematian bisa berupa membunyikan tubuh, ketuk kayu (naskus), atau menggunakan gong.

Tradisi Pakaian Melayu

BACA JUGA:Dari Mana Asal Suku Batak Pakpak? Mengupas Sejarah Suku yang Berkembang di Alam dan Pertanian

Pakaian adat Melayu mencerminkan prinsip "adat memakai pada yang sesuai, adat duduk pada yang elok, adat berdiri tahukan diri". 

Jenis-jenis pakaian meliputi baju gunting cina, baju cekak musang, baju teluk belanga, baju kurung, dan baju kebaya labuh.

Kategori :