Ragam Sejarah! Inilah 10 Bangunan Bersejarah di Bandung yang Kini Jadi Tempat Wisata

Jumat 09-08-2024,08:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

4. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum ini didirikan untuk memperingati Konferensi Asia Afrika yang diadakan pada tahun 1955. Konferensi ini merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah internasional yang membahas isu-isu global dan perjuangan kemerdekaan negara-negara Asia dan Afrika.

5. Gedung Indonesia Menggugat (GIM)

Gedung Indonesia Menggugat adalah bangunan yang pernah menjadi tempat pertemuan para pejuang dan aktivis perjuangan kemerdekaan Indonesia. Bangunan ini memiliki arsitektur yang unik dan kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Bandung.

6. Goa Belanda

Goa Belanda adalah salah satu bangunan bersejarah yang masih terawat dengan baik. Bangunan ini pernah digunakan sebagai tempat persembunyian para pejuang Belanda dan kini menjadi salah satu tempat wisata yang menarik.

7. Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung bukan sekadar tempat ibadah, melainkan termasuk ke dalam salah satu bangunan bersejarah di Bandung.

Masjid ini dibangun sejak tahun 1812 dengan bentuk sederhana berupa rumah panggung tradisional. Seiring berjalannya waktu, Masjid Raya Bandung berkali-kali mendapatkan renovasi hingga akhirnya bisa berdiri megah seperti saat ini.

Salah satu daya tarik dari Masjid Raya Bandung ialah bagian bangunan berupa Menara Kembar yang digunakan untuk melantunkan panggilan azan.

8. Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Museum Mandala Wangsit Siliwangi adalah salah satu museum yang menampilkan sejarah dan budaya Sunda. Museum ini memiliki koleksi yang luas tentang sejarah dan kebudayaan Sunda, termasuk peralatan tradisional dan artefak-artefak lainnya.

9. Monumen Perjuangan

Monumen Perjuangan adalah bangunan yang dibangun untuk memperingati peristiwa perjuangan rakyat Bandung melawan penjajahan Belanda. Monumen ini memiliki arsitektur yang unik dan kini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Bandung.

10. Jalan Braga

Jalan Braga adalah salah satu jalan yang paling terkenal di Bandung. Jalan ini dikenal sebagai "Jalan Kebudayaan" karena banyaknya bangunan bersejarah dan tempat-tempat budaya yang terletak di sepanjang jalan ini. Jalan Braga juga menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi para pengunjung.

Kategori :