PLN Peduli, Membangun Desa Berdaya Tridaya Melalui Pelatihan Budidaya Ikan untuk KWT Beguyur

Minggu 28-07-2024,20:13 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

Ini adalah salah satu bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam peningkatan gizi keluarga dan penurunan angka stunting, serta diharapkan dapat meningkatkan pendapatan warga.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, KWT Beguyur dapat memanfaatkan pekarangan bukan hanya untuk sayuran tetapi juga untuk budidaya ikan seperti bioflok ini. Ini sebagai dukungan terhadap pemerintah dalam peningkatan gizi keluarga dan penurunan stunting serta meningkatkan pendapatan warga,” ujar Niwayan Astiti.

Metode Bioflok: Inovasi dalam Budidaya Ikan

Metode bioflok sendiri merupakan teknik budidaya ikan yang mengandalkan mikroorganisme untuk menguraikan limbah budidaya menjadi pakan alami bagi ikan.

BACA JUGA:Putus Rantai Penularan Penyakit Polio, 50 Anak Ujan Mas Ikuti Pekan Imunisasi Nasional (PIN)

Teknik ini dikenal lebih efisien dan ramah lingkungan dibandingkan metode konvensional.

Dengan metode ini, kualitas air dapat dipertahankan lebih baik, sehingga mengurangi risiko penyakit pada ikan.

Pelatihan yang diberikan oleh PLN Peduli UID S2JB ini memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada para peserta tentang cara menerapkan sistem bioflok dalam budidaya ikan.

Dengan demikian, diharapkan peserta mampu mengelola budidaya ikan secara mandiri dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Silent Majority di Pilkada Pagaralam, Lebih Aman, Tidak Menampakkan Dukungan Langsung

Dampak Jangka Panjang bagi Komunitas

Pelatihan budidaya ikan dengan metode bioflok ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek berupa peningkatan keterampilan dan pengetahuan bagi para peserta, tetapi juga memiliki dampak jangka panjang yang signifikan bagi kesejahteraan komunitas.

Dengan adanya kegiatan budidaya ikan yang berkelanjutan, komunitas dapat meningkatkan ketahanan pangan mereka dan mengurangi ketergantungan pada pasokan ikan dari luar.

Lebih jauh lagi, keberhasilan program ini dapat menjadi model bagi komunitas lain di daerah sekitar untuk menerapkan metode yang sama.

BACA JUGA:Honda Punya Bebek Ikonik Beraura Klasik, Uniknya Wajib Jadi Pilihan Kamu

Ini akan memperkuat jaringan komunitas yang berdaya dan mandiri, sekaligus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Kategori :