PLN Peduli, Membangun Desa Berdaya Tridaya Melalui Pelatihan Budidaya Ikan untuk KWT Beguyur

Minggu 28-07-2024,20:13 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Program PLN Peduli UID S2JB terus memperlihatkan komitmennya dalam mengembangkan desa berdaya dengan berbagai inisiatif yang mengedepankan pemberdayaan masyarakat.

Salah satu inisiatif terbaru adalah pelatihan budidaya ikan dengan metode bioflok yang diberikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Beguyur dari Kelurahan Candi Jaya, Kecamatan Dempo Tengah.

Pelatihan Budidaya Ikan dengan Metode Bioflok

Pelatihan ini diikuti oleh 35 anggota KWT Beguyur dan merupakan bagian dari program Pengembangan Desa Berdaya Tridaya yang diusung oleh PLN Peduli UID S2JB.

BACA JUGA:Bajak Laut Sriwijaya yang Melegenda, Meraja di Selat Malaka

Ketua KWT Beguyur, Niwayan Astiti, menyatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan sumber daya manusia dan memanfaatkan potensi wilayah yang mencakup lingkungan, pendidikan, dan UMKM.

“Pelatihan ini diikuti oleh 35 anggota kelompok dan merupakan bagian dari program Pengembangan Desa Berdaya Tridaya yang memperdayakan SDM dan potensi wilayah, termasuk lingkungan, pendidikan, dan UMKM. KWT Beguyur kali ini mendapatkan pelatihan budidaya ikan dengan sistem bioflok,” ungkap Niwayan Astiti.

Mencakup Berbagai Kalangan Masyarakat

Yang menarik dari pelatihan ini adalah partisipasi tidak hanya dari anggota KWT Beguyur saja, tetapi juga melibatkan kelompok masyarakat lainnya, termasuk anak-anak muda.

BACA JUGA:Menggali Potensi E-Sport di Kalangan Remaja, Turnamen E-Youth Fair Community di Pagaralam

Hal ini menunjukkan bahwa program ini tidak hanya berfokus pada satu kelompok, tetapi merangkul berbagai kalangan masyarakat untuk berdaya dan berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

“Bantuan dan pelatihan ini tidak hanya untuk anggota KWT Beguyur saja, tetapi juga merangkul kelompok serta anak-anak muda dan masyarakat lainnya agar dapat berdaya dan berkembang sesuai dengan tuntutan keadaan dan zaman. Ini sebagai upaya jangka panjang untuk kesejahteraan masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan,” tambah Niwayan.

Manfaat Pelatihan Bagi Masyarakat

Dengan adanya pelatihan budidaya ikan bioflok ini, diharapkan KWT Beguyur dapat memanfaatkan pekarangan rumah mereka tidak hanya untuk menanam sayuran tetapi juga untuk budidaya ikan.

BACA JUGA:Miliki Kesempatan yang Sama, Dapatkan Pendidikan, Program ‘LUBER’ Seragam Sekolah – Sepatu Gratis untuk Siswa

Kategori :