Dorong Pencapaian Misi Indonesia Emas 2045, Pemkot dan DPRD Pagaralam Tetapkan 7 Raperda

Selasa 16-07-2024,18:47 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Langkah besar untuk mendorong pencapaian misi Indonesia Emas 2045 diambil oleh Pemerintah Kota Pagaralam bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pagaralam.

Pada Rapat Paripurna V sidang ke-I DPRD Kota Pagar Alam, Pj Wali Kota Pagar Alam, H. Lusapta Yudha Kurnia SE MM, menyampaikan pidato pengantar terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Pagar Alam Semester I Tahun 2024.

Acara ini berlangsung di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Pagar Alam dengan dihadiri oleh anggota dewan dan para pemangku kepentingan lainnya.

Dalam sambutannya, H. Lusapta Yudha Kurnia menggarisbawahi pentingnya kerjasama antara Pemkot dan DPRD dalam merumuskan kebijakan strategis untuk masa depan Pagaralam.

BACA JUGA:Ludi – Bertha Siap Maju Pilkada Pagaralam 2024, Berdiri Diatas Kepentingan Masyarakat Pagaralam

Penetapan 7 Raperda Prioritas

Berdasarkan keputusan DPRD nomor 19 tahun 2023 tentang PROPEMPERDA tahun 2024, telah ditetapkan 7 Raperda yang akan dibahas di tahun 2024.

Tujuh Raperda ini terdiri dari tiga Raperda komulatif terbuka dan empat Raperda prioritas.

Fokus utama dalam pembahasan ini adalah rencana pembangunan jangka panjang daerah Kota Pagar Alam tahun 2025-2045.

BACA JUGA:Sejarah dan Keberadaan Suku Mante, Begini Fakta Menarik tentang Suku Tertua di Pedalaman Aceh

Visi dan Misi Pembangunan Jangka Panjang

Dalam penjelasannya, H. Lusapta Yudha Kurnia mengungkapkan bahwa rancangan akhir Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Pagar Alam tahun 2025-2045 berisikan gambaran umum kondisi daerah, permasalahan, dan isu strategis.

Visi dan misi serta arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan daerah selama 20 tahun ke depan disusun untuk selaras dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan RPJPD provinsi Sumatera Selatan tahun 2025-2045.

“RPJPD Kota Pagar Alam tahun 2025-2045 disusun untuk mendorong pencapaian misi Indonesia Emas 2045 sebagai negara nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan,” ujar H. Lusapta Yudha Kurnia.

BACA JUGA:Mengungkap Sejarah dan Budaya Suku Rejang di Pulau Sumatera, Punya Tradisi yang Unik!

Kategori :