Wisata Gunung Dempo Masuk Nominasi ADWI 2024, Begini Penilaian Kemenpar Ekraf RI

Selasa 16-07-2024,14:15 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

PAGARALAM, PAGARALAMPOS.COM - Kota Pagar Alam kembali masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Yakni Wisata Gunung Dempo satu dari 50 desa wisata di Nusantara.

Pada kesempatan Selasa (16/7/2024), dilakukan kunjungan dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemempar Ekraf) RI. Yang ditandai dengan penandatanganan prasasti wisata Gunung Dempo yang dianugerahi Desa Wisata Indonesia oleh Kemenpar Ekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Yang penyerahannya diwakili Inspektur Utama Kemenpar Ekraf RI Bayu Aji. Yang disaksikan Pj Walikota Pagar Alam H Lusapta Yudha Kurnia, Pj Sekdakot Dahnial Nasution, Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Aras Genda, Wakil Pabung Kodim 0405 Lahat Lettu Ucok.

Waki Ketua I Desi Siska, Ketua PN Pagar Alam. Perwakilan Dispar Provinsi Sumsel, Kadispar Pagar Alam Berlian Arestopani, perwakilan OPD dilingkup Pemkot Pagar Alam, Cama, lurah. Serta penggiat Desa Wisata Dempo Makmur.

BACA JUGA:Gunung Dempo Masuk 50 Besar ADWI 2024, Pagaralam Siap Berkembang dalam Pariwisata dan Digital Marketing

Inspektur Utama Kemenpar Ekraf RI Bayu AjI, menyampaikan, melihat kondisi Pagar Alam memiliki potensi besar sebagai daerah destinasi wisata tidak hanya di Sumsel.

Sebagaimana penilaian ADWI 2024 bertajuk "Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia".

"Karena itu, kami dari pusat terus berupa memberikan support agar wisata di Kota Pagar Alam bisa terus berkembang," ucap dia seraya mengatakan jika Wisata Gunung Dempo terpilih satu dari 9 wisata yang ada di Sumsel masuk nominasi ADWI 2024.


Foto : Kunjungan Kemenpar Ekraf RI di wisata Gunung Dempo.-Wisata Gunung Dempo Masuk Nominasi ADWI 2024, Begini Penilaian Kemenpar Ekraf RI-pagaralampos.com

Yang tentunya, perlu adanya dukungan dan kolaborasi antara pemerintahan dengan legislatif (DPR). Serta kepada pihak terkait dan penggiat wisata.

BACA JUGA:Masuk 75 Besar ADWI 2023, Kampung Heritage Kajoetangan Jatim Unggulkan Wisata Tematik

Menjawab perlunya penguatan SDM wisata? Jawab Bayu, Kemenpar Ekraf RI memiliki dosen dosen di Politekpar Unsri. 

"Disana, SDM atau penggiat wisata bisa kita latih, yang diharapkan nantinya memberrikan kontribusi memajukan serta melahirkan daya tarik wisata lainya di Pagar Alam," ucapnya.

Sementara Pj Walikota Pagar Alam H Lusapta Yudha Kurnia didampingi Kadispar Brilian Aristopani menyampaikan, pemerintah kota mengucapkan terima kasih atas kunjungan pihak Kemenpar Ekraf RI beserta dengan Tim ADWI yang telah melakukan penilaian anugerah desa wisata Indonesia.


Foto : Kunjungan Kemenpar Ekraf RI di wisata Gunung Dempo.-Wisata Gunung Dempo Masuk Nominasi ADWI 2024, Begini Penilaian Kemenpar Ekraf RI-pagaralampos.com

Kategori :