PAGARALAMPOS.COM - Yamaha Nmax Turbo yang baru saja meluncur menjadi topik perbincangan hangat di kalangan pecinta otomotif.
Dilengkapi dengan mesin 155 cc generasi ketiga yang telah diperbarui di sektor CVT dengan teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission), Nmax Turbo menjanjikan performa yang lebih tangguh.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sekitar 11,3 kW atau setara 15,1 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm, meningkat dari sebelumnya 13,9 Nm pada rpm yang sama.
Namun, bagaimana dengan konsumsi bahan bakar motor skuter matik terbaru dari Yamaha ini?
BACA JUGA:Fenomena Kijang Innova, Dominasi Tak Terbantahkan di Pasar Mobil Bekas
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilakukan uji coba berkendara dengan Yamaha Nmax Turbo pada rute dari Citayam di Kabupaten Bogor menuju Palmerah di Jakarta Barat.
Rute ini dipilih karena mewakili kondisi jalan yang lengang dan sibuk pada hari kerja.
Pengendara menggunakan gaya berkendara normal, tidak agresif namun juga tidak terlalu santai.
Metode Pengujian
BACA JUGA:Royal Enfield Guerrilla 450, Moge 'Murah' dengan Performa Premium, Meluncur Pekan Depan
Metode full to full digunakan dalam uji coba ini agar dapat menggambarkan pemakaian harian yang sesungguhnya.
Sebelum memulai perjalanan, tangki bahan bakar diisi penuh dengan BBM RON 92.
Setelah menempuh jarak 65 km, atau setara dengan perjalanan pulang-pergi Citayam-Jakarta, penunjuk BBM menunjukkan bahwa sudah saatnya untuk mengisi ulang.
Sebanyak 1,61 liter BBM diisi ke dalam tangki Nmax Turbo yang berkapasitas maksimal 7,1 liter.