5 Varietas Beras Sehat yang Harus Anda Coba untuk Gizi yang Lebih Baik

Minggu 09-06-2024,21:57 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Memilih jenis beras yang tepat sangat penting karena nasi adalah makanan pokok yang menyediakan sebagian besar kebutuhan kalori harian. Menurut Ricepedia, lebih dari 50% populasi dunia mengandalkan beras untuk memperoleh 20% kalori harian mereka.

Namun, kualitas dan manfaat nutrisi beras dapat bervariasi.

Beberapa jenis beras yang dianggap lebih sehat karena tidak melalui banyak proses pengolahan meliputi beras merah, cokelat, dan hitam. Jika Anda ingin hidup lebih sehat.

berikut adalah beberapa jenis beras yang memiliki keunggulan nutrisi:

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Manfaat Baik dari Mengkonsumsi Teh Kombucha Baik untuk Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Berpuasa untuk Jaga Kesehatan Tubuh

1. Beras Hitam

Beras hitam memiliki warna pekat yang bisa berubah menjadi ungu saat dimasak. Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam mengandung antioksidan tertinggi dari semua jenis beras, melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, beras hitam kaya akan antosianin, senyawa dengan sifat antioksidan dan anti-peradangan yang kuat. Bahkan, beras hitam memiliki sifat antikanker yang dapat membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

2. Beras Basmati

Beras basmati terkenal dengan bulir panjang, rasa khas, dan aroma yang harum. Beras ini memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan beras putih lainnya, sehingga baik untuk diet.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Simak Rahasia Tersembunyi dari Labu Kuning yang Mampu Jaga Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Tau Gak? Ternyata Kacang Buncis Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Loh!

Beras basmati juga kaya akan serat, yang bermanfaat bagi penderita diabetes dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Wild Rice  

Kategori :