Menjelajahi Perayaan Wisak Diberbagai Negara, di Indonesia Ada Perjalanan Spritual Bhiksu

Kamis 23-05-2024,00:20 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Bodok

Singapura

Kuil Buddha menyelenggarakan perayaan dan mendekorasinya dengan bunga dan bendera. Penganut agama Buddha biasanya mengadakan donor darah, mendonasikan makanan, baju dan uang.

BACA JUGA:Perjalanan Spiritual di Candi Mendut: Mendalami Kekayaan Sejarah Magelang, Benarkah Lebih Tua dari Borobudur?

Serta melepaskan hewan-hewan yang terkurung. Selain itu, mereka juga menawarkan bunga, lilin, dan dupa ke beberapa kuil.


Foto : Perjalanan Thudong Biksu di Borobudur.-Menjelajahi Perayaan Wisak Diberbagai Negara, di Indonesia Ada Perjalanan Spritual Bhiksu-Google.com

Setelah adanya berbagai petisi, Waisak diumumkan sebagai hari libur nasional di Singapura pada 1955.

Sri Lanka

Orang-orang Sri Lanka akan menghias rumah dan jalanan dengan lilin. Mereka juga akan membuat gambar besar mengenai perjalanan hidup Sang Buddha.  

Pada siang hari, mereka akan melantunkan kalimat suci, mengucap doa, mendengar lagu renungan, serta membagikan makanan dan manisan.

BACA JUGA:Jadi Wisata Super Prioritas! Inilah Jejak Sejarah Destinasi Wisata Candi Borobudur

Thailand

Warga Thailand biasanya merayakan Waisak dengan mengunjungi kuil Buddha What Phra Kaeo. Di sana, terdapat beberapa upacara keagamaan seperti menempelkan daun emas dan mengitari patung Buddha. 

Indonesia

Moment Waisak tahun ini, ada perjalanan spritual para Bhiksu dari sejumlah negara tetangga.

40 Bhikkhu Thudong dari Thailand, Malaysia, Singapore Telah Tiba di Candi Borobudur dengan menempuh jarak perjalanan sejauh 1.250 km. (*)

Kategori :