Menjelajahi 10 Gunung Suci di Seluruh Dunia! Salah Satunya Ada di Indonesia Loh

Senin 20-05-2024,13:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

BACA JUGA:Mengungkap Rahasia situs Tutari dan wisata sejarah Papua yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Sejarah Peradaban Yunani Kuno Awalnya Tak Ada Penjara, Ternyata Orang Ini Penggagasnya

Ararat mempunyai dua puncak, yaitu Ararat besar dan kecil. Perbedaannya jika Ararat besar dan tidak memiliki pohon, sedangkan Ararat kecil terdapat beberapa kebun birch. 

Meskipun lapisan salju di Gunung Ararat sangat melimpah, namun daerah Ararat selalu mengalami kelangkaan air. Ararat secara tradisional dikaitkan dengan gunung tempat Bahtera Nuh beristirahat saat serangan air bah.

Nama Ararat sendiri seperti yang ada di dalam Alkitab, adalah padanan bahasa Ibrani dari Urardhu, atau Urartu yaitu Assyro-Babylonian. 

Assyro-Babylonian dulunya adalah sebuah kerajaan di Aras dan sungai Upper Tigris pada abad ke-9 hingga ke-7 SM. Ararat dianggap suci oleh orang Armenia karena percaya mereka adalah ras manusia pertama yang muncul di dunia setelah air bah.

BACA JUGA:Sosok Firaun Menkaure dalam Sejarah Mesir Kuno

BACA JUGA:Eksplorasi Kebudayaan dan Sejarah Kesultanan Deli di Sumatera Utara

6. Gunung Agung, Indonesia

Indonesia adalah negara dengan banyak gunung keramat, tak terkecuali Gunung Agung di Bali.  Gunung ini disakralkan oleh umat Hindu di Indonesia. Di kaki Gunung Agung terdapat Pura Besakih. Pura Besakih merupakan pura tersuci dan terbesar di Bali. 

Pada beberapa perayaan Hindu, umat Hindu sering mendaki Gunung Agung hingga ke puncaknya yang berada di ketinggian 3.142 mdpl.

7. Gunung Olympus, Yunani

Gunung Olympus adalah salah satu gunung tertinggi di Yunani. Ketinggiannya mencapai 2.918 meter.  Gunung ini memiliki 52 puncak dan ngarai yang dalam, puncaknya yang tertinggi adalah Mytikas.

BACA JUGA:Mengenal Peradaban Zaman Megalitikum, Jejak Prasejarah yang Menyimpan Warisan Budaya

BACA JUGA:Zubair Bin Awwam: Teladan Keberanian dan Kesetiaan dalam Sejarah Islam

Gunung Olympus dalam mitologi Yunani dikenal sebagai rumah para dewa Yunani.  Selain itu, gunung ini juga  memiliki keanekaragaman hayati dan flora yang luar biasa. Olympus juga menjadi salah satu taman nasional yang pertama di Yunani sejak 1938 dan Cagar Biosfer Dunia.

Kategori :