Menjelajahi 10 Gunung Suci di Seluruh Dunia! Salah Satunya Ada di Indonesia Loh

Senin 20-05-2024,13:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

Gunung Machu Picchu adalah tempat paling keramat seantero Peru. Ini tak lain karena peninggalan suku Inca yang pernah membangun peradaban di kawasan itu.

Selama ribuan tahun, Machu Picchu dianggap suci lantaran bangsa Inca juga percaya terhadap kekuatan alam.  Sisa peninggalan observatorium menunjukkan kalau bangsa Inca berkontemplasi lewat gugusan bintang.

BACA JUGA:Perjalanan Spiritual di Candi Mendut: Mendalami Kekayaan Sejarah Magelang, Benarkah Lebih Tua dari Borobudur?

BACA JUGA:Sebuah Transformasi Bersejarah Biara Khora di Turki Kembali Jadi Masjid Kariye

Gunung yang menjulang sebagai latar Machu Picchu adalah Huayna Picchu, yang salah satu sisinya menyangga Temple of the Moon

3. Gunung Uluru, Australia

Gunung Uluru disebut juga sebagai Ayers Rock. Uluru adalah sebuah batu raksasa yang terletak di Northern Territory, Australia.  Monolit ini memiliki tinggi 348 meter dari permukaan di sekitarnya dan membuatnya 24 meter lebih tinggi dari menara Eiffel yang berada di Paris.

Uluru adalah salah satu situs suci bagi orang Aborigin Pitjantjatjara.  Batu Uluru ditemukan seorang penjelajah bernama Ernest Giles pada 1872 dan pertama kali dikunjungi orang Eropa pada tahun berikutnya.

Batu dan taman di sekitarnya telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987.  UNESCO memberi taman itu gelar Warisan Dunia kedua pada 1994 karena signifikansi budayanya.

BACA JUGA:Menjelajahi Jejak Sejarah Candi Singosari di Malang yang Penuh Misteri

BACA JUGA:Mengenal Sejarah dan 5 Fakta Menarik Candi Singosari di Jawa Timur

4. Adam's Peak, Sri Lanka

Adam's Peak adalah gunung besar yang berbentuk kerucut dengan ketinggian 2.243 meter.  Di puncak gunung terdapat jejak kaki suci yang dihormati semua agama di Sri Lanka. 

Jejak kaki besar itu diyakini sebagai Buddha, Sri Rama dalam mitologi Hindu, dan Nabi Adam dalam agama Kristen maupun Islam. Selain menjadi tempat wisata yang suci, Adam's Peak juga sering didatangi para wisatawan untuk trekking karena memiliki keindahan yang tak tertandingi.

5. Gunung Ararat, Armenia

Gunung Ararat adalah salah satu gunung vulkanik di perbatasan Armenia dan Turki, yang terkenal ekstrem.  Gunung Ararat memiliki ketinggian 5.165 meter di atas permukaan laut dan menjadi salah satu puncak tertinggi di Turki.

Kategori :