Tak Dipanggil STY untuk Laga Timnas Indonesia vs Irak dan Filifina, Begini Respon Maarten Paes!

Sabtu 18-05-2024,02:44 WIB
Reporter : Edi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mengumumkan skuad 22 pemain yang akan bertanding dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Irak dan Filipina.

Namun, satu nama yang mencuat absen dari daftar tersebut adalah Maarten Paes, kiper asal FC Dallas yang baru saja resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Reaksi dari Maarten Paes pun tidak terlalu mengejutkan, namun tetap membuka pintu untuk harapan.

Maarten Paes telah menyatakan kekecewaannya karena belum mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia.

BACA JUGA:BPK Periksa Mantan Menteri Pertanian SYL Terkait Dugaan Suap Rp 12 Miliar

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram stories-nya, Paes menegaskan bahwa ia akan berupaya sekuat tenaga untuk segera beraksi membela Garuda dalam pertandingan melawan Irak dan Filipina.

Hal ini menunjukkan semangat dan antusiasme Paes dalam ingin memberikan kontribusi bagi timnas negeri yang baru dijadikannya sebagai kampung halaman.

Namun, meskipun telah resmi menjadi WNI, Paes masih mengalami kendala dalam memperkuat Timnas Indonesia.

Masalahnya tidak terletak pada proses perpindahan federasi dari Belanda ke Indonesia, namun pada regulasi FIFA terkait perubahan tim nasional bagi pemain yang telah mencatatkan penampilan di level internasional sebelumnya.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Nama Kabupaten/Kota Bakal Jadi Provinsi Sumsel Barat, Cek Detailnya Disini!

Berdasarkan peraturan FIFA, seorang pemain hanya diperbolehkan untuk berganti tim nasional jika pada saat terakhir kali bermain untuk tim junior atau senior, usianya masih di bawah 21 tahun.

Hal ini menjadi kendala bagi Maarten Paes karena pada saat berusia 22 tahun, ia telah tampil untuk Timnas Belanda U-21 dalam Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021.

Untuk mengatasi kendala ini, Paes harus melewati proses naturalisasi yang melibatkan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Proses ini membutuhkan waktu dan ketelitian, menjadikan perjuangan Maarten Paes untuk membela Timnas Indonesia menjadi sebuah proses yang tidak mudah.

BACA JUGA: Provinsi Sumsel Melangkah ke Era Baru dengan Pemekaran Wilayah, Ini 9 Nama Kabupaten/Kota Barunya!

Kategori :