Mengungkap Sosok Cleopatra Sebenarnya Sang Ratu Ikonik di Sejarah Mesir Kuno

Jumat 17-05-2024,15:54 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Kisah hidup Cleopatra, Ratu Mesir Kuno, selalu menghipnotis khalayak. Di buku ini akan diuraikan riwayat hidupnya dan analisa dari author. Di paruh pertama buku ini, saya sempat kecewa karena gaya penceritaan author, tidak berbeda jauh dgn buku Cleopatra yg sebelumnya saya baca, karya Duane W. Roller. 

Mungkin seandainya author memilih menggunakan kalimat2 sederhana dan efektif, saya lebih bisa menikmati membaca buku ini.  Entah juga terjemahannya kurang bagus, adakalanya enak dibaca tapi sebagian besar kalimat-kalimat terjemahan ini membuat saya mengerutkan kening. Jalan cerita bergulir lebih menarik setelah kematian dramatis Julius Caesar. 

Terbentuknya triumvirat antara Marc Antony, Octavian, dan Lepidus, mengantarkan Antony ke pangkuan Cleopatra, yg sebelumnya adalah mistress Caesar. 

Author cukup menarik mendeskripsikan betapa inovatifnya Cleopatra saat pertama kali berjumpa dgn Caesar dlm gulungan karung. Atau kesenjangan modern dan kebudayaan antara masyarakat kota Roma dan kota Alexandria, ibukota Mesir, dimana saat era Cleopatra merupakan kota megapolitan, paling maju di dunia dan terkenal memiliki perpustakaan terbesar di dunia. 

BACA JUGA:Sejarah Dinasti Abbasiyah Kembangkan Ilmu Pengetahuan dan Peradaban

BACA JUGA:Eksplorasi Kota Muslim Kuno di Ethiopia: Menyelami Sejarah Awal Islam di Benua Afrika

Sejarah Mesir kuno menyimpan banyak hal menarik. Salah satunya adalah kisah Cleopatra, ratu Mesir ikonik yang namanya sendiri membangkitkan citra kecantikan, kecerdasan, dan intrik yang tak tertandingi.

Dia telah menjadi subjek interpretasi yang tak terhitung jumlahnya sepanjang sejarah.

Tapi siapa Cleopatra yang sebenarnya, dan mengapa orang-orang sangat tidak setuju tentang siapa dia sebenarnya?

Cleopatra VII Philopator (69 SM – 30 SM) adalah firaun aktif terakhir di sejarah Mesir Kuno dan anggota dinasti Ptolemeus, sebuah keluarga keturunan Makedonia yang memerintah Mesir setelah kematian Alexander Agung.

BACA JUGA: Garuda Muda Membuat Bangga, Erick Thohir Banjir Komentar di Instagram Pasca Laga Bersejarah

BACA JUGA:Jejal Pemukiman Prasejarah, Menjadikanya Kota-Kota Pertama di Dunia

Lahir di Alexandria, Cleopatra adalah seorang penguasa berpendidikan tinggi dan cerdas, terampil dalam diplomasi, politik, dan bahasa.

Cleopatra awalnya berbagi takhta dengan adik laki-lakinya Ptolemeus XIII, yang dinikahinya sesuai adat Mesir.

Namun, perebutan kekuasaan antara saudara kandung tersebut mengakibatkan Cleopatra terpaksa diasingkan.

Kategori :