Berhasil Ditemukan! Inilah Sederet Peninggalan Prasejarah kerajaan Sriwijaya

Sabtu 24-02-2024,08:54 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Berikut daftar 10 peninggalan kerajaan Sriwijaya yang berhasil ditemukan.

Di Indonesia, banyak kerajaan yang mengawali sejarah nusantara dengan asal usul agama yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah Kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan Budha yang ada di nusantara dan diyakini telah ada sekitar abad ke 7.

Kerajaan ini didirikan oleh Dapunta Hyang Sri Jayasana dan konon mempunyai pusat pemerintahan yang berlokasi di  tepian Sungai Musi di Palembang, Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Mengulik 5 Upacara dan Tradisi Adat Maluku yang Unik dan Tetap Terjaga Kelestariannya

BACA JUGA:4 Senjata Khas Sumatera Selatan, Salah satunya Ada Kudok Suku Pasemah!

Pada masa kekuasaannya, Kerajaan Sriwijaya banyak memberikan pengaruh di nusantara. Ada beberapa bukti dari keberadaan Kerajaan Sriwijaya yaitu dari peninggalannya yang berupa candi hingga prasasti dan lainnya.

Berdasarkan isi dari prasasati Kota Kapur, Kerajaan Sriwijaya diperkirakan berdiri pada abad ke 7 M yang didirikan oleh Dapuntahyang Sri Jayanasa. 

Pada Prasasti Kedukan Bukit dan Prasasti Talang Tuo menjelaskan bahwa Dapunta Hyang adalah raja pertama dari Kerajaan Sriwijaya

Pada Prasasti Kedukan Bukit menjelaskan bahwa Dapunta Hyang melakukan perjalanan dengan 20 ribu tentara dari Minanga Tawan ke Palembang, Jambi, dan Bengkulu. 

BACA JUGA:10 Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Bukti Pengaruh Serta Luasnya Daerah Kekuasaan di Nusantara

BACA JUGA:Kisah Cinta Si Pahit Lidah dan Bidadari Puyang Putri, Simak Ceritanya Disini!

Sriwijaya adalah salah satu kemaharajaan bahari yang pernah berdiri di pulau Sumatra dan banyak memberi pengaruh di Nusantara.

Daerah kekuasaan berdasarkan peta membentang dari kamboja, Thailand selatan , Semenanjung Malaya, Sumatra, Jawa barat dan Kemungkinan Jawa tengah.

Berdirinya Kerajaan Sriwijaya

Kategori :