Gunung Papandayan Miliki Kisah Mistis yang Bikin Kalian Merinding!

Senin 15-01-2024,22:18 WIB
Reporter : Sandi
Editor : Sandi

Sejarah Hutan Mati ini menyatakan bahwa terbentuknya hutan ini karena adanya letusan Gunung Papandayan yang begitu dahsyat terjadi pada ratusan tahun silam yang menyebabkan tumbuhan habisterbakar.

Terjadinya letusan Gunung Papandayan pada tanggal 11 sampai 12 Agustus 1772 akibat dari letusan tersebut 4 desa yang terdapat disekitar gunung habis rata dengan tanah.

BACA JUGA:Gegerkan Dunia! Piramida Misterius Ditemukan Di Antartika Yang Tertutup Es

Dan memakan korban sekitar tiga ribu penduduk yang berala disekitar Gunung Papandayan. Bahkan hewan peliharaan ikut terkena dampak dari letusan gunung tersebut.

Kejadian ini membuat jurnalis luar negri tertarik untuk mendeskripsikan meletusnya Gunung Papandayan dan ditulis dalam bukunya yang berjudul Natural Disaster.

Hutan Mati ini terlihat sekilas serikit agak angker dan juga menyeramkan. Meskipun menyeramkannya hutan ini tersimpan keindahan pemandangan yang begitu luar biasa unik karena ratusan pohon cantigi berwarna hitam yang tumbuh diatas material lumpur dari kawah Gunung Papandayan.

Di tempat ini terdapat pula hamparan tanah pasir putih yang terhampas luas disekitarnya. Kabut tipis sering datang didaerah kawasan ini.

BACA JUGA:Wajib Kamu Kunjungi! Inilah 6 Air Terjun Tercantik di Majalengka yang lagi Hits

Bau belerang dari kawah Gunung Papandayan juga tercium dengan bercampur udara sejuk khas pegunungan.

Lokasi dari Hutan Mati ini tidak terlalu jauh dari pos pendakian yang kedua. Disini pula terdapat banyak warung yang berjualan , sehingga para pendaki bisa beristirahat sekaligus mengisi tenaga ditempat ini. Jangan khawatir akan kelaparan.

Lokasi tepatnya Hutan Mati ini berada di Karamat Wangi, Kecamatan Cisurupan , Kabupaten Garut , Provinsi Jawa Barat.

Letaknya cukup jauh dari pusat kota Garut. Dengan memerlukan jarak tempuh sekitar 69 kilometer dan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai di sana.

Harga tiket yang di patok adalah Rp. 35.000 per orang. Namun itu belom termasuk dengan biaya parkir kendaraan.

BACA JUGA:Reaktor Alam Kuno Punya Bangsa Apa Masih Jadi MIsteri Besar! Berikut Penjelasan Lengkapnya

4. Larangan Gunung Papandayan

Jangan berperilaku tidak sopan, tidak boleh berkata kasar dan sebagainya pasti sering anda dengar aturan tersebut ketika hendak mendaki.

Kategori :