Pertahankan Berat Badan Ideal! Ini Manfaat Tak Terduga dari Kacang Pinus untuk Kesehatan

Senin 09-09-2024,09:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Meskipun di Indonesia jenis kacang ini kurang dikenal dibandingkan dengan kacang tanah, kacang merah, atau kacang hijau, kacang pinus sebenarnya dapat menjadi pilihan camilan sehat yang menarik.

Kacang pinus, yang sebenarnya adalah biji dari kerucut pohon pinus, memiliki bentuk yang menyerupai kacang sehingga sering disebut demikian.

Kacang kecil ini menawarkan rasa manis yang berbeda di berbagai negara.

Di Italia dan kawasan Mediterania, kacang pinus berbentuk panjang dan memiliki rasa manis yang lembut, sedangkan di Cina, bentuknya lebih menyerupai segitiga dengan rasa manis yang lebih kuat.

Berikut adalah lima manfaat kacang pinus untuk kesehatan:

1. Mengontrol Gula Darah

   Kacang pinus mengandung magnesium, yang berperan dalam membantu menjaga stabilitas gula darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di PLOS One (2014) menunjukkan bahwa magnesium dapat membantu meningkatkan penyerapan glukosa oleh insulin, sementara lemak tak jenuh tunggal yang terkandung di dalamnya berkontribusi dalam mengurangi hemoglobin A1C, indikator penting dalam pengendalian gula darah.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

   Kacang pinus juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan asam amino L-arginin di dalamnya dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat, zat yang membantu melebarkan pembuluh darah secara alami.

Dengan mengonsumsi kacang pinus secara rutin, Anda dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

   Penelitian yang diterbitkan dalam Antioxidants (2019) mengungkapkan bahwa kacang pinus memberikan nutrisi penting yang mendukung kesehatan otak.

Mengonsumsi kacang ini dapat membantu melindungi dari penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson, serta menjaga kesehatan otak pada orang yang lebih tua.

4. Mengurangi Risiko Kanker Usus

Kategori :