Inilah Tiga Lokasi Kandidat Bakal Basis Kapal Selam Nuklir Australia

Rabu 20-12-2023,03:40 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

PAGARALAMPOS.COM - Proyek pengadaan kapal selam bertenaga nuklir Virginia class dan AUKUS class telah disepakati oleh petinggi Australia, Amerika Serikat dan Inggris di San Diego pada 13 Maret 2023.

Meski Australia harus menanti hingga tahun 2030, AS dan Inggris mulai tahun 2027 sepakat menempatkan sejumlah kapal selam nuklirnya secara bergantian di Australia.

Dan menyongsong era kapal selam nuklir, maka pertanyaan kemudian, akan ditempatkan dimanakah kapal selam nuklir Australia nantinya?

Dikutip dari abc.net.au), Port Kembla (69 km dari Sydney) di Negara Bagian New South Wales dikukuhkan sebagai opsi yang paling mungkin sebagai home base bagi pangkalan kapal selam nuklir pertama Australia, tetapi hal tersebut masih jauh dari kesepakatan.

BACA JUGA:Ada Misi Apa, Australia Buka Pangkalan Kapal Selam Nuklir, 700 Personel AS Akan Ditempatkan di Perth

Selain Port Kembla yang berada di selatan Wollongong, Departemen Pertahanan Australia juga mempertimbangkan pangkalan kapal selam nuklir di Brisbane (Queensland) dan Newcastle (New South Wales/NSW).


Foto : pelabuhan Kembla australia.-Kapal selam bertenaga nuklir.-Indomiliter.com

Ketiga lokasi tersebut dikatakan memiliki fitur umum yang membuatnya ideal dan menjadi calon kuat untuk penempatan sebagai basis bagi kapal selam nuklir.

Setidaknya ada tiga poin penting yang menjadi pertimbangan pemilihan lokasi basis kapal selam nuklir, yakni ketersediaan tenaga kerja yang terampil, dukungan fasilitas nuklir dan akses langsung ke perairan dalam.

Ketersediaan Tenaga Kerja yang Terampil

Dr Paul Di Pietro, pimpinan strategi pertahanan di Universitas Wollongong, mengatakan semua kandidat memiliki akses ke tenaga kerja yang sesuai. Hingga 5.000 pekerja akan dibutuhkan di pangkalan tersebut.

BACA JUGA:PT Palindo Marine Lakukan First Keel Laying Kapal Hidro-Oseanografi Ocean Going Pesanan TNI AL

"Ketiga [lokasi] memiliki akses ke basis industri yang sangat kuat, mereka memiliki akses ke populasi besar dengan universitas yang luar biasa,” katanya.

Port Kembla memiliki Garden Island di dekatnya, juga dekat dengan pangkalan laut HMAS Albatross dan HMAS Creswell, berarti sudah ada kemampuan yang sangat dekat dengan Wollongong.

Pelabuhan Newcastle juga diposisikan dekat dengan fasilitas pertahanan, pangkalan Angkatan Udara Williamtown. Kedekatannya dengan pangkalan udara menawarkan perlindungan yang lebih baik untuk kapal selam.

Kategori :