Menelusuri Jejak Sejarah Gunung Padang, Benarkah Piramida Tertua Ada Disana?

Sabtu 02-12-2023,07:24 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Sebagai informasi, penelitian mengenai Gunung Padang dilakukan oleh Danny Hilman Natawidjaja, dkk, yang dirangkum dalam artikel bertajuk Geo-Archaeological Prospecting of Gunung Padang Buried Prehistoric Pyramid in West Java, Indonesia atau Prospek Geo-Arkeologi Piramida Prasejarah Gunung Padang yang Terkubur di Jawa Barat, Indonesia. 

Artikel tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Archaeological Prospection. 

Dalam artikel jurnal tersebut, Danny Hilman Natawidjaja, dkk, menyatakan, hasil studi tersebut memperkirakan bahwa Gunung Padang bukanlah sebuah bukit, melainkan konstruksi berbentuk piramida prasejarah yang berlapis-lapis.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Cara Mengobati Luka yang Bernanah Dapat Dilakukan di Rumah

Meski bernama Situs Gunung Padang, namun jangan disangka situs ini terletak di Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Situs Gunung Padang sendiri terletak di  Jawa Barat, tepatnya  di perbatasan Desa Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.

Lokasi tepatnya dapat ditempuh 20 km dari perempatan kota  Warungkondang, di jalan antara kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, masih dalam provinsi Answerarat.

Luas kompleks utama sekitar 900 meter persegi, terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan luas situs  sekitar 3 hektar, menjadikannya  kompleks  terbesar di ghats Timur Asia Selatan.

BACA JUGA:Dobrak Pasar Motor Listrik, Polytron Kenalkan Fox R, Murah Begini Penampakannya

Piramida Gunung Padang di Indonesia merupakan kompleks megalitik terbesar di Asia Tenggara.

Piramida Indonesia terdiri dari 5 anak tangga tinggi, dibangun dalam beberapa periode, khususnya dari sekitar 5.000 SM dan mungkin  sebelum 20.000 SM.

Peninggalan Piramida Padang  terkubur di bawah tanah, Gunung Padang,  yang namanya berarti "Gunung Cahaya", dikatakan mungkin merupakan piramida tertua di Bumi.

Jika temuannya benar, Gunung Padang adalah bukti peradaban kuno yang sangat maju, semacam Atlantis yang terlupakan dan mengubah semua yang dianggap arkeolog tentang sejarah peradaban manusia.

BACA JUGA:Piramida Tertua di Dunia Adalah Situs Gunung Padang, Apa benar?

Gunung Padang bisa mengubah semua yang kita ketahui tentang sejarah. 

Kategori :