Mengeksplorasi Keunikan Situs Megalitikum Gunung Padang, Jejak Kuno yang Mengundang Penasaran

Kamis 23-11-2023,03:33 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Jukik

PAGARALAMPOS.COM - Gunung Padang, sebuah situs megalitikum yang terletak di pedalaman Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah menarik perhatian para pecinta sejarah dan budaya. 

Terkenal secara internasional setelah dibahas oleh Graham Hancock dalam film dokumenter "Ancient Apocalypse" di Netflix, Gunung Padang menjadi destinasi yang menggoda penasaran banyak orang.

Latar Belakang Sejarah

Graham Hancock, seorang penulis dan jurnalis asal Inggris, membuka tabir sejarah Gunung Padang dalam film dokumenternya. 

Sejak saat itu, minat terhadap situs megalitikum ini semakin meningkat, dan banyak wisatawan yang penasaran ingin menjelajahi keunikan yang tersembunyi di balik hamparan batu-batu prasejarah.

BACA JUGA:Menelusuri Wisata Tersembunyi di Kota Majalengka Jawa Barat

Pengalaman Pribadi Penulis

Pengalaman pribadi penulis sendiri menunjukkan betapa Gunung Padang memiliki daya tarik yang tak terbantahkan. 

Meskipun penulis pernah mengunjungi situs ini pada tahun 2012, perjalanan kembali dilakukan bersama sekitar 40 pelancong pada 11 November 2023, dipandu oleh Walkindies. 

Pertanyaan mendasar muncul: Apa yang dapat dilihat dan diperhatikan secara logis di situs ini?

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Inilah Wisata Alam di Tuban yang Sajikan Pemandangan Indah!

Keunikan Konstruksi Batu

1. Man Made (Buatan Manusia)

Saat memasuki teras pertama Gunung Padang, terlihat susunan batu yang terbilang rapi secara horizontal, menyusun menopang tanah di teras tersebut.

Batuan tersebut, yang disebut columnar joint, sebenarnya adalah batuan alami yang biasanya berada dalam posisi vertikal. 

Kategori :