Catat! Begini Tips Membersihkan Paru-paru Bagi Perokok Kuat

Jumat 03-11-2023,19:56 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Perokok dapat melakukan berbagai cara untuk membersihkan paru-paru yang rusak akibat kebiasaan buruknya. 

Langkah-langkah ini tentu bisa menjadi lebih efektif dan efisien bila Anda juga membulatkan niat untuk berhenti merokok. Bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan paru-paru dari rokok? Berikut ulasannya. 

Kecepatan penyembuhannya tergantung pada berapa lama Anda merokok dan seberapa banyak kerusakan yang terjadi.

Dalam 2 minggu hingga 3 bulan setelah berhenti merokok, Anda mungkin mulai melihat peningkatan fungsi paru-paru saat paru-paru Anda memulai proses pembersihan sendiri.

BACA JUGA:Ada Apa di Payakumbuh?, Ini 6 Sejarah yang Belum Terungkapnya Lho

Pada tahun pertama setelah berhenti, gejala seperti batuk dan sesak napas akan berkurang.

Dalam masa ini, paru-paru Anda mulai menjadi lebih baik dalam membersihkan diri untuk mengurangi risiko infeksi.

Ketika paru-paru terus membersihkan diri dan sembuh dari waktu ke waktu, Anda akan terus menuai manfaat kesehatan dari berhenti merokok.

Meskipun tidak ada cara membersihkan paru-paru perokok dengan cepat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan meningkatkan kesehatan paru-paru.

BACA JUGA:Pecinta Otomotif, Wajib Tahu, Inilah 3 Merk Ban Motor Terkenal Paling Awet dan Tahan Lama

Cara membersihkan paru-paru perokok

1. Batuk yang dikontrol

Menurut direktur bedah toraks di George Washington Medical Faculty Associates di Washington, DC Keith Mortman, seorang perokok cenderung memiliki banyak lendir yang menumpuk di paru-parunya.

Penumpukan ini bisa tetap mengendap meski sudah berhenti merokok. Lendir yang menumpuk ini perlu dikeluarkan dengan cara dibatukkan.

Batuk bekerja dengan membantu tubuh membuang lendir ekstra, membuka blokir saluran udara yang lebih kecil sehingga Anda akan mendapatkan oksigen lebih banyak.

Kategori :