4 Dekade Melayang Diudara, Pesawat Tanker KC-10A Extender Resmi Jalani Misi Tempur Terakhirnya

Rabu 11-10-2023,03:41 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

PAGARALAMPOS.COM - Setelah lebih dari empat dekade mendukung pengisian bahan bakar (air refueling) dan angkutan kargo udara, maka pesawat tanker multirole dari platform DC-10, yakni KC-10A Extender milik Angkatan Udara AS (USAF) diwartakan baru saja menjalani misi tempur terakhirnya.

Angkatan Udara AS sejatinya sejak tahun 2020 telah mulai memensiunkan KC-10A secara bertahap dengan mengirimkannya ke ‘kuburan pesawat’.

Foto-foto yang dipublikasikan hari ini oleh Defense Visual Information Distribution Service (DVIDS) menunjukkan sebuah KC-10A berangkat dari Prince Sultan Air Base (PSAB) di Arab Saudi, pada tanggal 5 Oktober 2023.

Menurut keterangan yang disertakan, keberangkatan Extender mengakhiri misi tempur terakhir jenis pesawat tanket tersebut.

BACA JUGA:Israel Murka, Helikopter Serang AH-64 Apache ‘Guyur’ Hamas Dengan M230 Chain Gun Dan Rudal Hellfire

Air Mobility Command (AMC) mengonfirmasi bahwa ini adalah pengerahan tempur terakhir KC-10 di mana pun di dunia, tidak hanya di Timur Tengah.


Foto : Pesawat tangker ektender-4 Dekade Melayang Diudara, Pesawat Tanker KC-10A Extender Resmi Jalani Misi Tempur Terakhirnya-Indomiliter.com

"Selama hampir empat dekade, KC-10A telah membantu mengamankan jangkauan global Amerika,” kata juru bicara AMC Jessica Brown. “Diperkirakan armada yang tersisa akan segera dipindahkan ke stasiun asalnya.”

Debut KC-10 Extender mencakup lebih dari 30 tahun yang dihabiskan di US Air Forces Central (AFCENT) yang mencakup PSAB.

Selama waktu itu, KC-10A memainkan peran penting dalam mendukung berbagai operasi militer, termasuk Enduring Freedom dan Iraqi Freedom.

BACA JUGA:Satgas TPPO Polri Selamatkan 2.778 Korban Human Trafficking

Merujuk ke sejarahnya, KC-10 Extender terbang perdana dari kandang McDonnell Douglas pada 12 Juli 1980.

Sementara resmi mulai dioperasikan AU AS pada Maret 1981. Hampir 88 persen komponen KC-10A Extender identik dengan DC-10 yang digunakan penerbangan sipil.

Ini menjadi poin penting ketertarikan pihak operator, mengingat ada kemudahan dalam sistem perawatan dan kesamaan suku cadang.

KC-10A juga dapat dikonversi dari pesawat angkut komersial DC-10, perubahan yang kasat mata adalah perunahan desain jendela dan desain pintu kargo yang ditata lebih rendah.

Kategori :