Fakta Menarik Sulawesi Utara, Ternyata Ada 5 Suku yang Salah Satunya Ada Keturunan Raja

Jumat 06-10-2023,07:28 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Pembahasan mengenai suku bangsa di Indonesia tidak akan pernah berhenti  pada satu kata saja. 

Begitu pula dengan Sulawesi Utara yang memiliki lima suku asli, termasuk suku kerajaan. 

Menurut berbagai sumber, wilayah Minahasa merupakan salah satu tempat migrasi pertama masyarakat Austronesia ke arah selatan pada akhir milenium ketiga dan kedua SM.

Teori yang diterima secara luas adalah bahwa orang Austronesia awalnya tinggal di Taiwan.

BACA JUGA:Misteri Gunung Pananggungan yang Legendaris Hinga Viral Sampai saat Ini!

Sebelum bermigrasi dan menduduki  Filipina bagian utara, Filipina bagian selatan, Kalimantan dan Sulawesi.  Kata "suku" memiliki banyak arti dan kegunaan yang berbeda, bergantung pada konteksnya.

Dalam konteks ini, "suku" mengacu pada kelompok etnis atau budaya tertentu yang memiliki kesamaan karakteristik, bahasa, adat istiadat, dan seringkali asal usul.

Suku-suku ini mungkin memiliki identitas etnis yang kuat dan sering kali tinggal di wilayah geografis yang sama.

Di beberapa masyarakat, istilah "suku" mungkin merujuk pada sistem keanggotaan keluarga atau klan, di mana individu-individu yang memiliki ikatan keluarga yang sama menjadi anggota kelompok yang lebih besar.

BACA JUGA:Banyak yang BelumTahu! Wow Keren, Ini 7 Energi Cakra Pada Baik Untuk Tubuh Manusia

Bahkan Sebelum berpisah menjadi kelompok-kelompok dengan satu menuju barat ke Jawa, Sumatra, dan Malaysia, sementara yang lain bergerak ke timur menuju Oseania.

Dengan Keberagaman di Sulawesi Utara khususnya suku yang ada, tentu bukan jadi penghalang tingginya tingkat toleransi didaerah ini.

Sulawesi Utara terdapat sejumlah suku yang mendiami daerah ini sejak masa lampau. Kawin-mawin campuran suku pun tak bisa terelakan karena kehidupan bermasyarakat.

Di Sulawesi Utara, terdapat tiga pembagian wilayah. Bolaang Mongondow Raya, Minahasa Raya dan Nusa Utara. Dari tiga wilayah ini terdapat dan berdiam sejumlah suku yang diakui di Sulawesi Utara.

BACA JUGA:Bagaikan Hotel Berbintang! Inilah Daftar 5 Bus Mewah Yang Ada Di Indonesia

Kategori :