Indonesia, Kapal Jung Majapahit, Lebih Tangguh dari Kapal Laksamana Cheng Ho Dari Dinasti Cina?

Rabu 04-10-2023,08:25 WIB
Reporter : Almi
Editor : Almi

PAGARALAMPOS.COM - Kapal jung cenderung memiliki ciri-ciri  Tinggi dan Kuat, dimana Kapal Jung memiliki lambung yang tinggi dan kuat.

Sehingga mereka bisa bertahan dalam cuaca buruk dan memberikan perlindungan kepada awaknya.

Biasanya, jung dilengkapi dengan tiga hingga empat layar bersegi panjang, yang memungkinkan kapal ini untuk mengambil angin dari berbagai arah.

Kapal jung sering memiliki kubu tinggi di depan dan belakang, yang berfungsi sebagai perlindungan tambahan dan seringkali dihiasi dengan hiasan atau ukiran.

BACA JUGA:Asmara Ratu Tribuuwana Tunggadewi, Dibalik Ambisi Gajah Mada Menaklukkan Nusantara

Jong Kapal Perang yang dimiliki oleh kerajaan Majapahit sangat terkenal di seluru dunia pada zamannya.

Menurut Catatan Sejarah, sebuah Jong Kerajaan Majapahit pada tahun 1420 hampir saja menyeberangi samudera Atlantik.

Jenis jong besar sembilan tingkat yang tercatat di catatan sejarah bernama Kidung Panji Wijayakrama-Rangga Lawe (sekitar 1334) menyebutkan Jong sasangawangunanmembawa 1000 prajurit dengan layar merah.
  Jong yang umum digunakan oleh Kerajaan Majapahit rata-ratanya dapat membawa 600–700 orang, berbobot mati 1200–1400 ton, dengan panjang keseluruhan sekitar 76,18–79,81 m.   BACA JUGA:Inilah 5 Suku Di Sulawesi Utara, Salah Satunya Merupakan Keluarga Kerajaan!

Kerajaan Majapahit yang mengusai Nusantara pada abad Pertengahan memiliki Militer yang sangat kuat dan ditakuti kerajaan-kerajaan lain di Dunia.

Militer Majapahit ini, tidak hanya jago dalam perang di daratan tapi juga ternyata memiliki Armada Laut yang sangat kuat dengan kapal perang yang sangat modren di Zamanya.

Satu kendaraan militer raksasa yang di miliki Kerajaan Majapahit bernama Kapal Jung, masyarakat Jawa pada zaman Kerajaan Majapahit menjadi panutan dalam penjelajahan wilayah lautan.

Menurut Denys Lombard dalam buku Nusajawa: Jaringan Asia (2004) menyebutkan bahwa pembuatan Kapal Jung asalnya dari wilayah Asia Tenggara.

BACA JUGA:Bikin Nagih, Inilah Ban Terbaik Indonesia, Nomor 3 Paling Laris!

Nama lainnya adalah Jong yang mana istilah ini berawal dari salah satu kata bahasa Jawa Kuno, artinya adalah sejenis perahu.

Pada Zaman Kerajaan di Nusantara, kerajaan Majapahit tidak hanya dikenal di Tanah Jawa tapi juga diseantero Dunia.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya catatan sejarah yang ditemukan di buku-buku sejarah dunia.

Tags : #sejarah #perang #majapahit #kerajaan #kapal #indonesia
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini