Tak Pernah Terpecahkan! Inilah Misteri Prasasti Kuno Kekaisaran Kushan di Asia Tengah

Jumat 22-09-2023,19:51 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM  - Selama bertahun-tahun, ahli bahasa dan sejarawan telah berusaha menguraikan naskah ini untuk lebih memahami budaya dan sejarah Kekaisaran Kushan.

Dalam sebuah proyek baru-baru ini, para peneliti di Universitas Cologne mencapai terobosan besar dalam memahami aksara Kushan yang tidak diketahui.

Dengan membandingkan prasasti bilingual dan trilingual, mereka mampu mengidentifikasi karakter tertentu dan menentukan nilai fonetik karakter tersebut.

Ini membantu menguraikan aksara Kushan dan memberikan wawasan baru tentang bahasa dan sejarah budaya Asia Tengah selama periode ini.

BACA JUGA:Merk Ban Motor Pilihan Orang Indonesia, Berikut Daftar Namanya!

Aksara Kushan adalah sistem penulisan yang digunakan oleh kerajaan Kushan dari tahun 200 SM hingga 700 M. Kekaisaran Kushan adalah sebuah kerajaan yang berbasis di Asia Tengah, termasuk Tajikistan, Afghanistan, dan Uzbekistan saat ini.

Aksara Kushan menunjukkan ciri-ciri yang belum pernah dideskripsikan sebelumnya dan umum terjadi di wilayah tersebut.

Aksara Kushan terdapat pada prasasti di dinding perbukitan berbatu di Asia Tengah.

Di perbukitan berbatu di Asia Tengah, prasasti misterius  tertulis di beberapa dinding.

BACA JUGA:Menjadi TOP 4 Besar Merk Ban Motor Terbaik Di Indonesia, Inilah Rekomendasi untuk Kendaraan Kamu!

Berkat upaya tim peneliti  di Universitas Cologne baru-baru ini, aturan-aturan ini mulai muncul, menyoroti budaya luar biasa yang menulisnya. “Aksara Kushan Anonim” adalah sistem penulisan yang tersebar luas di seluruh Asia Tengah.

Itu sekitar tahun 200 SM. digunakan pada tahun 700 M di antara masyarakat nomaden pertama di padang rumput Eurasia, seperti Yuèzhī, dan dinasti Kushan yang berkuasa.

Salah satu warisan terpenting dari Kekaisaran Kushan yang perkasa adalah penyebaran agama Buddha di Asia Tengah dan Cina.

Mereka meninggalkan karya seni yang menakjubkan dan koleksi benteng yang mengesankan serta sistem penulisan yang tidak biasa ini.

BACA JUGA:Ungkap Misteri dan Kepercayaan Warga Sulawesi Selatan, Benarkah Mereka Naik Haji di Puncak Gunung

Kategori :