Mencari Kebenaran di Balik Keindahan Gunung Sunda, Mitos dan Fakta yang Bikin Merinding!

Rabu 13-09-2023,06:36 WIB
Reporter : Jukik
Editor : Jukik

PAGARALAMPOS.COM – Indonesia, negeri yang kaya akan keindahan alamnya, memiliki banyak cerita tentang gunung-gunungnya yang penuh misteri dan keajaiban. 

Salah satu gunung yang menarik perhatian adalah Gunung Sunda, sebuah puncak megah yang terletak di bawah langit biru Jawa Barat. 

Meskipun dikenal karena kecantikannya yang memukau, Gunung Sunda juga menyimpan sejumlah mitos dan misteri yang telah menjadi bagian dari sejarah dan budaya lokal. 

Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda dalam perjalanan mendalam untuk mencari kebenaran di balik keindahan Gunung Sunda, menjelajahi mitos dan fakta yang bisa membuat bulu kuduk Anda merinding. 

BACA JUGA:Sedarah, Pertahankan Keturunan dan Populasi Saudara Kandung Sendiri di 'Lahap' Juga, Tradisi Suku Polahi

Gunung yang berbentuk perbukitan terbentuk dari batuan pasir kuarsa, Memiliki kemiringan lereng lebih dari 40% serta dengan luas -+150 ha.

Hal itu menjadi daerah resapan air dan sumber mata air bagi beberapa perkampungan yang mengelilingi Gunung tersebut dibawahannya.

Gunung Sunda Juga menjadi tempat Wisata yang sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan, tidak hanya datang dari Jawa Barat sendiri tapi juga datang dari luar Provinsi Jawa Barat Diketahui Gerbang utama menuju Gunung ini berada di Kampung Jambelaer, sekitar 3 km dari Polsek Cisaat. 

Nah, Untuk menaikinya ke arah Puncak Gunung Sunda, diperlukan waktu rata rata 10 menit untuk sampai.

BACA JUGA:Indonesia, 5 Tradisi Suku Ini Miliki Pernikahan Hingga 'GELISAH' yang Unik Saat malam Pertama!

Pemandangan dari Puncak Gunung Sunda di sebelah utara nampak terlihat jelas Gunung Gede Pangrango serta hamparan permukiman warga yang memesona. 

Akan tetapi, Ternyata dibalik keunikan dan keindahan panorama yang disuguhkan Gunung Sunda, banyak terdapat cerita mitos dan Mistis yang dipercayai oleh warga setempat. 

Berikut adalah cerita-cerita mitos atau cerita mistik yang beredar tentang mitos Gunung Sunda yang berhasil dirangkum Pagaralampos.com dari berbagai Sumber.

1. Terdapat Tempat Persembunyian

Gunung Sunda memiliki nama lain yaitu Gunung Kerud atau Gunung Tunda (taruh/simpan). 

Kategori :