Menguak Sejarah Danau Lut Tawar dan Legenda Putri Pukes di Aceh Tengah

Selasa 29-08-2023,17:51 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

Menjadi Danau Perjalanan Putri Pukes dikawal beberapa prajurit kerajaan suruhan ayahnya. Singkat cerita, pengantin pria berangkat menunggangi kuda di atas gunung yang tidak jauh dari pinggiran Danau Laur Tawar.

BACA JUGA:Artefak Ajaib Gunung Padang, Koin Kuno Bongkar Identitas Peradaban Purba

Sementara karena pada saat itu pengantin pria dan wanita tidak boleh berduaan dalam perjalanan, rombongan Putri Pukes berangkat melewati lereng gunung yang berada tidak jauh dari Danau Laut Tawar.

Di tengah perjalanan, Putri Pukes merasa ada suara yang mirip dengan suara ibunya terus memanggil dari kejauhan. Tak tahan menahan kerinduan dengan sosok ibu,

Puteri Pukes akhirnya melanggar pesan ibunya dengan menoleh ke belakang untuk melihat istana yang terakhir kalinya. Tiba-tiba, hujan deras turun.

Para pengawal kemudian meminta Putri Pukes berlindung di dalam gua, sementara para prajurit berteduh di pepohonan. Setelah hujan reda, para pengawal memanggil Putri Pukes untuk melanjutkan perjalanan.

BACA JUGA:Sudah Kenal dengan ‘Dracula’? Sebuah karya Abraham ‘Bram’ Stoker yang Sangat Mendunia (06)

Ketika dipanggil berulang kali, tidak ada jawaban dari Putri Pukes. Para prajurit menemukan Putri Pukes terbujur kaku di dalam gua. Rupanya, tubuh Putri Pukes telah berubah menjadi batu.

Batu tersebut kerap diinterpretasikan berbentuk mirip seorang putri. Konon bagian bawah patung yang membesar adalah air mata sang Putri yang masih menetes. Sementara danau terbentuk akibat hujan lebar yang terjadi.

Kategori :