Kisah Pahlawan Medang Kamulan, Aji Saka dan Keberanian Melawan Kekelaman

Minggu 23-07-2023,14:00 WIB
Reporter : Bodok
Editor : Bodok

BACA JUGA: Bew, 5 Suku di Indonesia ini, Miliki Tradisi Ritual Adat yang Tabu dan Tak Lazim, Simak Yuk Ceritanya!

Nama Medang Kamulan juga menyiratkan abad pertengahan, dan beberapa orang Barat dan Yunani timbal balik sebagai versi Jawa dari "Atlantis".


--

Selain itu, legenda Aji Saka juga dikaitkan dengan asal-usul orang Jawa dan penggunaan kalender Saka. Aji Saka diyakini berasal dari India dan menjadi raja pertama di Pulau Jawa.

Dia membawa peradaban ke tanah Jawa dan memperkenalkan sistem penyelesaian tarikh yang dikenal sebagai tahun Saka, dimulai sejak kedatangannya, yaitu tahun 1 Saka (78 Masehi).

Aji Saka juga dikatakan telah menyebarkan pengetahuan membaca dan menulis sebagai dasar pengembangan kebudayaan di Jawa.

Meskipun ada banyak versi cerita dan legenda tentang Medang Kamulan dan Aji Saka, mengkonstruksi prasejarah suatu bangsa pada umumnya sulit, terutama ketika sumber-sumber sejarahnya hanya berdasarkan cerita-cerita rakyat dan mitos.

Sejarah dan mitologi sering berbaur dalam budaya dan identitas suatu bangsa, dan Medang Kamulan dan Aji Saka adalah contoh yang menarik dari aspek tersebut dalam budaya Jawa.

Kategori :