Tak Hanya Tawarkan Keindahan yang Eksotis, Lembah Harau Juga Simpan Misteri dan Mitos yang Memilukan

Sabtu 15-07-2023,17:16 WIB
Reporter : Elis
Editor : Elis

PAGARALAMPOS.COM - Cagar Alam dan Suaka Margasatwa Lembah Harau adalah rumah bagi beberapa spesies tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang dilindungi, serta beberapa hewan langka asli Sumatera.

Monyet Vervet (Macaca fascirulatis) adalah hewan yang biasa terlihat di kawasan ini.

Destinasi wisata Lembah Harau terdiri dari 3 (tiga) kawasan yaitu:

Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta dan Resort Rimbo Piobang.

BACA JUGA:Viral, Selain Artefak Kujang, Peneliti Temukan Koin Kuno Berusia 5200 SM Terpendam di Situs Gunung Padang

Resor Aka Barayun yang memiliki keindahan air terjun dengan kolam yang memberikan suasana alam yang nyata, juga menawarkan potensi pengembangan panjat tebing karena terdapat perbukitan bebatuan yang terjal dan tempat yang dapat memantulkan suara (echo).

Lembah Harau adalah sebuah jurang di dekat kota Payakumbuh di Kabupaten Limapuluh Koto Provinsi Sumatera Barat. Lembah Harau dibatasi oleh dua bukit berbatu terjal setinggi 150 meter berupa batupasir warna-warni yang curam dengan ketinggian 100 hingga 500 meter.

Topografi Cagar Alam Harau berbukit dan berbukit. Ketinggian di atas permukaan laut adalah 500-850 meter. Bukit-bukit tersebut adalah Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak dan Bukit Tarantang.

Perjalanan menuju lembah Harau sangat menyenangkan. Di udara segar Anda bisa mengagumi keindahan alam sekitarnya. 

BACA JUGA:Tau Gak Sih? ini Dia 3 Sejarah dan Misteri Gunung Kawi yang Harus Kamu Tau

Tebing-tebing granit yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80 meter hingga 300 meter.

Sebuah monumen peninggalan Belanda yang terletak di kaki air terjun Sarasah Bunta merupakan bukti bahwa Lembah Harau sudah sering dikunjungi orang sejak 1926.

Menyaksikan hamparan sawah yang indah, itu hal yang sudah biasa.

Namun, jika hamparan sawah itu diapit oleh tebing tebing tegak lurus menjulang setinggi sekitar 150 meter hingga 200 meter, orang pasti akan berdecak kagum.

BACA JUGA:Menelusuri Misteri Alam dan Mitos di Lembah Harau, Ternyata Miliki Sejarah Pilu Zaman Dahulu!

Kategori :