Batu Tapak Harimau Bikin Wisatawan KEPOO, Mitos Pertapaan Prabu Siliwangi Yang Menghilang Moksa

Rabu 12-07-2023,21:26 WIB
Reporter : Gusti
Editor : Gusti

Pertanyaan tentang Gunung Padang masih belum bisa dipecahkan tuntas. Namun yang jelas, Gunung Padang adalah situs purbakala peninggalan masa Megalitikum. 

Jadi kontoversi, situs itu adalah sebuah bangunan piramida. Namun yang menarik dari Gunung Padang adalah kawasannya di mana ia berdiri. 

Ada banyak kandungan geologis yang memberikan pemahamandari mana asal-usul batuan yang dipakai peradaban kuno masanya. 

 

G
Foto : ilustrasi pertapaan Prabu Siliwangi.-Batu Tapak Harimau Bikin Wisatawan KEPOO, Mitos Pertapaan Prabu Siliwangi Yang Menghilang Moksa -Google.com

Gunung Padang memiliki 5 teras yang disimbolkan sebagai 5 tahapan spiritual yang disusun dengan hitungan matematika yang tinggi.

Nj Krom salah menghitung 4 teras karena dua teras lain terlihat menyatu dan datar. Setiap teras memiliki batuan yang memberikan makna tersirat di balik mitos dan pengetahuan lokal masyarakat. 

BACA JUGA:Misteri Batu Tapak MaUng Situs Gunung Padang, Mitos Harimau Kah? Ternyata Ini Filosofinya

Letak Gunung Padang yang menghadap Gunung Gede secara astronomi menyiratkan kebudayaan manusia lampau yang menjadikan gunung sebagai kiblat beribadah.

Dikutip dari sejumlah sumber, Gunung Padang terdiri dari 5 undakan atau teras. Adalah situs megalitikum setelah zaman neo megalitikum yang berfungsi untuk tempat peribadatan

Di situs tersebut tak sedikit ditemukan peninggalan geologis berupa bebatuan yang menyimbolkan nilai nilai spritual.

Warga sekitar percaya gunung berbentuk punden berundak yang memiliki luas kurang lebih 900 meter persegi ini,d ulunya tempat pertapaan Raja Padjajaran, Prabu Siliwangi sebelum akhirnya menghilang tanpa jejak bersama kerajaannya.

BACA JUGA:Supranatural. Bukti Petilasan Sang Prabu Siliwangi di Gunung Padang, Punden Berundak Bertapak Maung?

Prabu Siliwangi sering menggunakan tempat tersebut untuk persinggahan dan meditasi.

Sementara itu keberadaan Gunung Padang saat ini adalah sebuah situs purba yang berasal dari era Megalitikum yang fenomenal di Jawa Barat, Indonesia.

Megalitikum bersejarah ini mengacu pada zaman Batu Besar, salah satu babak penting dalam sejarah prasejarah.

Kategori :